Foto: Okezone 

BPS DKI: Tahun 2019 Tingkat Pengangguran di Jakarta Menurun

Ceknricek.com -- Tingkat pengangguran di DKI Jakarta pada tahun 2019 mengalami penurunan dibandingkan 2018. Dari sebelumnya 314.840 pada 2018, menjadi 279.590 pada 2019.

Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, Suryana mengatakan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang dirilis pihaknya pada bulan Februari 2019 lalu, jumlah usia kerja di DKI Jakarta tahun 2019  7.930.260 orang. Kemudian, jumlah angkatan kerja di DKI Jakarta tahun 2019 sebesar 5.447.510 orang.

"Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT di DKI Jakarta pada Februari 2019 sebesar 5,13 persen dari angkatan kerja," ujar Suryana dalam keterangan resminya, Jumat (4/10).

Suryana menjelaskan, kategori usia kerja adalah penduduk yang berusia 15 tahun dan lebih. Sedangkan, angkatan kerja adalah penduduk usia kerja yang bekerja, atau sementara tidak bekerja dan pengangguran.

"Berdasarkan data yang ada, tingkat pengangguran di Jakarta tahun ini turun sebesar 1,11 persen dibandingkan tahun lalu," kata Suryana.

Baca Juga: Gaji Tiga Bulan Untuk Pengangguran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Andri Yansyah menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya optimal memfasilitas masyarakat yang mencari pekerjaan maupun ingin berwirausaha.

"Setiap tahun, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta secara rutin mengadak job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan di lima wilayah kota. Bursa kerja itu diikuti oleh puluhan perusahaan dengan ribuan lowongan pekerjaan," ujar Andri.

Andri menambahkan, pihaknya juga memberikan pelatiahan-pelatihan kerja secara gratis melalui Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) dan Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI). 

"Peserta pelatihan diberikan sertifikasi sesuai bidang keahlian. Mereka bisa lebih mudah diterima berkerja karena ada link and match. Tapi, kalau ingin berwirausaha mereka juga sudah memiliki bekal keterampilan yang cukup," katanya.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  



Berita Terkait