Cerdas, Keputusan Airlangga Hartarto Menunjuk Bambang Soesatyo Waketum Golkar | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Cerdas, Keputusan Airlangga Hartarto Menunjuk Bambang Soesatyo Waketum Golkar

Ceknricek.com -- Keputusan Ketua Umum Golkar terpilih AH (Airlangga Hartarto) yang menetapkan BS  (Bambang Soesatyo) sebagai Waketum (Wakil Ketua Umum) DPP Golkar priode 2019 - 2024 adalah keputusan cerdas.

Hal itu dikatakan tokoh Eksponen Ormas Tri Karya, Zainal Bintang yang dihubungi media, Selasa malam (10/12) di Jakarta.

"Berkali-kali saya katakan, itu membuktikan tingkat kedewasaan berpolitik dua tokoh muda Golkar itu secara kualitas lebih tinggi daripada senior Golkar sebelumnya yang secara emosional telah tega membelah Golkar menjadi dua kepengurusan", kata Zainal Bintang yang juga mantan Anggota Dewan Pakar Golkar itu.

BS adalah rival berat AH ketika bertarung memperebutkan jabatan Ketum menjelang Munas X Golkar 3 - 6 Desember 2019 yang lalu di Jakarta. 

Langkah bijaksana AH itu merangkul BS dipuji banyak orang. Menurut Bintang keputusan itu bagaikan langkah kuda, selain menutup lobang potensi perpecahan di dalam tubuh Golkar sebagai residu konflik yang tajam sebelumnya, juga menghindarkan Golkar dari ancaman  perpecahan yang datang dari luar.

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Dinamika Munas Golkar

"Keputusan itu melegakan, membangun harapan besar Golkar ke depan akan kuat, utuh dan solid", ujar Bintang. 

Modal keutuhan itu perlu dan dibutuhkan untuk menguatkan konsolidasi partai menghadapi dinamika politik menuju 2024, tambah Bintang yang menyebutkan kiprah kepemimpinan dua sosok generasi muda Golkar itu, - AH dan BS, - yang bertindak  dewasa dalam berpolitik dapat menjadi teladan yang positif kepada kader lainnya, khususnya bagi generasi muda. 

Penunjukan BS itu secara yuridis formal sangat kuat dasarnya, karena posisi AH adalah sebagai mandataris (formatur tunggal) Munas yang mewakili 557 suara sah. "Ini legitimate", kata Bintang yang wartawan senior itu.

Sebagaimana diketahui AH telah menunjuk BS sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar. Hal itu disampaikan AH kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa siang (10/12).

"Bukan kandidat, tapi sudah diputuskan," tegas AH.

Lebih lanjut, AH memastikan BS sudah menyatakan kesediaan menjadi Waketum.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait