Chandra Setiawan Kusuma, Anak Muda Beromzet Rp500 Juta Sebulan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Chandra Setiawan Kusuma, Anak Muda Beromzet Rp500 Juta Sebulan

Ceknricek.com--Berawal dari perjalanannya menjadi reseller paket tour travel secara online, hingga di usianya yang ke 22 tahun sudah memiliki travel sendiri. Chandra Setiawan Kusuma seorang Founder dari Avenir Travel bermula dari ketertarikannya dalam tour dan traveling. Ia berpikir untuk menawarkan paket tour travel untuk keluarga, maupun korporat.

Berhubung banyaknya kenalan dalam ketertarikannya tersebut, seorang remaja dengan usia 18 tahun kala itu memberanikan diri untuk menjadi reseller paket tour travel dengan mengambil keuntungan 10 sampai 15% dari harga satu group.

Diakuinya, berbagai cara dilakukan untuk menawarkan paket tour travel. Berawal dari broadcast melalui sebuah komunitas tour&travel regional Indonesia yang ada di social media, ia berhasil mengumpulkan kurang lebih 50pax per-minggunya saat itu. Namun dirinya juga ikut merasakan pasang dan surutnya customer.

Baca Juga : Davyn Sudirdjo Pendiri "eTani" Terima Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila BPIP

Selain mempromosikan secara direct message dan broadcast, ia juga mempromosikannya sendiri melalui online ads atau media promosi online yang banyak ditampilkan di beragam media social. Kerja kerasnya tersebut, sekarang Chandra terbilang  sukses menjalani bisnisnya.

Nah, setelah cukup sukses dengan bisnis travelnya,  dia pun mencoba ekspansi bisnis lain salah satunya adalah bisnis di sektor properti.

"Ternyata di bisnis properti ini tidak semulus yang saya bayangkan. Banyak lika-liku yang harus dihadapi, mulai dari cobaan dari customer yang tak kunjung datang, rekan kerja yang mulai tidak sehat, sampai lilitan hutang yang digunakan untuk biaya yang dialokasikan untuk pembuatan properti," sebut Chandra.

Foto: Istimewa

Namun rintangan tersebut tidak dijadikan alasan untuk mundur, Chandra terus mencoba menyelesaikan masalahnya satu demi persatu dengan cara menjaminkan mobil kesayangannya kepada bank.

Karena hasil jaminan uang dari mobilnya tersebut tidak cukup untuk menutup lilitan hutangnya, ia kemudian mendapatkan ide untuk mendongkrak bisnis propertinya dengan cara meminta bantuan agency property freelance maupun company.

Alhasil 50% dari total unit di bisnis propertinya terjual habis. Proyek properti tersebut adalah The Hermosa Garden dibawah naungan Pranadipa Development yang berada di Sawangan, Depok.

Selain ketertarikan di dunia traveling, pemilik Instagram @chandstwn ini memiliki hobby di bidang otomotif, lebih cenderung ke mobil Eropa khususnya BMW.

Dari hobby-nya tersebut, lagi-lagi Chandra berhasil menangkap peluang bisnis di bidang otomotif. Bimmer Jakarta dan Priorite Garage adalah bisnisnya di bidang otomotif jual beli velg BMW seperti, BBS, Volk Rays, original BMW Rims, Voxen, dan berbagai macam brand lainnya. Selain menjual velg, Bimmer Garage juga menjual parts original BMW.

Di usianya yang sekarang ini, dia sudah dapat menghasilkan omset kurang lebih sebesar 500 juta setiap bulannya. Hasil jerih payahnya itu, sebagian ia gunakan untuk membeli rumah kecil untuk masa depan bersama calon istrinya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Update Berita Film dan Musik Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait