Darimana Virus Covid Varian Delta yang Muncul di Kudus dan Bangkalan? | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Darimana Virus Covid Varian Delta yang Muncul di Kudus dan Bangkalan?

Ceknricek.com—Virus Covid-19 varian Delta ditemukan di Kudus, Bangkalan dan Jakarta.  Kondisi ini membuat publik penasaran, dari mana virus varian Delta berasal. Menteri Kesehatan Budi Gunadi sempat mencoba menelusuri siapa pembawa virus yang dikenal 50 persen lebih menular dibanding tipe sebelumnya. Budi yang sempat mengunjungi Kudus dan Bangkalan sempat terkejut dengan fakta yang ia dapat.

“Ternyata yang bawa virus ke Kudus itu para penziarah yang datang ke Kudus setelah lebaran. Ribuan orang datang ke Kudus dari Jawa Timur dan wilayah lain Jawa Tengah, dan ini yang kita sinyalir yang menularkan,”kata Budi saat webinar dengan Forum Pemred, Selasa (15/6/21) malam.

Jika virus Covid-19 tipe Delta di Kudus dibawa oleh para peziarah, di Bangkalan Budi mendapati fakta virus itu dibawa para pekerja migran. Sejak pandemic Covid melanda, jalur darat dan udara memang bisa dipantau. Namun mereka yang lewat laut, tidak bisa dideteksi. “Dan ratusan ribu pekerja migrant pulang ke Bangkalan lewat laut. Ini yang bawa virus,”tegas Budi.

Menteri kesehatan pun berharap, masyarakat lebih disiplin menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. “Apapun metodenya, tetap kembali ke kedisiplinan menerapkan prokes. Memang kondisi ini melelahkan. Tapi kalau sudah terkena lebih melelahkan lagi,”pungkas Budi Gunadi.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait