Foto: Pemprov DKI Jakarta

DKI Jakarta Punya Toko Tani Indonesia Center

Ceknricek.com -- Terhitung hari ini, Sabtu (12/10), DKI Jakarta memiliki Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang diresmikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Dajamuni di kawasan Klender, Jakarta Timur, Jumat (11/10).

TTIC merupakan bentuk konkret kerja sama dan koordinasi antara produsen dengan konsumen untuk menjamin ketersediaan dan distribusi pangan secara kontinyu, dengan harga wajar serta mutu yang baik.

Darjamuni mengatakan, produsen pangan melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) mengirim produk pangan ke TTIC DKI Jakarta, untuk selanjutnya didistribusikan ke Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Sebelum ada TTIC, pemesanan barang harus langsung ke Gapoktan. Saat ini cukup melalui TTIC. TTIC DKI melayani pemesanan barang dari TTI-TTI yang ada di wilayah DKI Jakarta, termasuk bazar-bazar pangan murah di kantor-kantor," ujar Darjamuni.

Baca Juga: Bersama Kementan, Dinas Ketahanan Pangan DKI Luncurkan "Obor Pangan Lestari"

Keberadaan TTIC diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerja sama dan kesepahaman tentang penyediaan bahan pangan pokok dari daerah pemasok ke daerah konsumen, khususnya DKI Jakarta.

"Ini mendukung terwujudnya stok pangan di DKI Jakarta dengan akses yang mudah, harga terjangkau, mutu yang baik, serta jumlah yang mencukupi," ungkapnya.

Menurut dia, pemerintah selaku pengambil kebijakan di bidang pangan sangat berkepentingan agar ketersediaan pangan dapat terjaga, baik dari sisi jumlah, kualitas dan harganya. Sehingga, ada kemudahan akses dan daya beli masyarakat tidak menurun.

"Kami ingin kebutuhan pangan masyarakat sampai di tingkat rumah tangga terpenuhi dengan baik dan lancar," tandasnya.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait