DMI Sumbang Rakyat Palestina 1 Juta liter Air Bersih | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

DMI Sumbang Rakyat Palestina 1 Juta liter Air Bersih

Ceknricek.com -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyumbangkan 1 juta liter air bersih untuk memenuhi kebutuhan air layak konsumsi dan higienitas diri di tengah pandemi Covid-19 bagi warga di jalur Gaza.

Wakil Ketua DMI, Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengatakan, wilayah yang mendapat bantuan air bersih adalah Bait Lahiya Gaza Utara, Khan Yunis Gaza Selatan, Deir balah Gaza tengah, Mugraqa Gaza tengah, Jabalia Gaza Utara.

“Bantuan ini semoga dapat memberi manfaat buat warga Palestina  di Gaza yang serba kekurangan. Semoga bantuan kemanusiaan seperti ini bermanfaat baik bagi rakyat Palestina maupun hubungan RI-Palestina”, kata Syafruddin dalam keterangan resmi Senin, (14/9/20).

DMI Sumbang Rakyat Palestina 1 Juta liter Air Bersih
Sumber: Istimewa

Syafruddin mengungkap untuk menjamin kesinambungan ketersediaan air bersih, DMI juga akan membangun pabrik air minum di Gaza.

“Kami telah menghitung anggarannya dibutuhkan sekitar 3.5 milyar rupiah untuk merealisasikan rencana tersebut” ujar Syafruddin.

Baca juga: DMI Pelopori Dapur Umat

Lebih lanjut, mantan Wakapolri ini juga berharap bantuan air bersih yang telah disalurkan melalui Lembaga Sosial Kemanusiaan tersebut dapat meringankan beban bagi warga Gaza.
Dia juga menegaskan bahwa bantuan yang diberikan kepada warga Gaza tersebut tidak berarti menafikkan warga Indonesia yang juga membutuhkan bantuan.

Menurutnya saat ini warga Gaza sangat membutuhkan bantuan karena konflik yang menimpa wilayahnya. Syafruddin juga menambahkan bantuan tersebut juga sebagai momentum balas budi kepada dunia internasional mengingat Indonesia juga sering mendapat bantuan dunia ketika ditimpa bencana.

“kami sadar bahwa warga kita pun masih banyak yang kesulitan, tetapi setidaknya bantuan bagi rakyat Palestina di masa konflik seperti ini tentu sangat dibutuhkan. Inilah momentum kita membayar kembali bantuan kemanusiaan manca negara yang biasa juga kita dapat pada setiap peristiwa bencana alam atau bencana kemanusiaan” tegasnya.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait