Ferry Juliantono: Pemerintah Harus Beri Stimulus Bagi Pedagang Pasar Terdampak Covid 19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Ferry Juliantono: Pemerintah Harus Beri Stimulus Bagi Pedagang Pasar Terdampak Covid 19

Ceknricek.com --Ketua Umum Dewan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI), Ferry Juliantono di Jakarta, Rabu (25/3/2020) meminta pemerintah melakukan langkah pemberdayaan bagi para pedagang pasar di Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) melalui penguatan produksi nasional dalam bentuk pemberian stimulus, subsidi, serta bantuan yang diperlukan oleh para pedagang pasar di tanah air, yang kini terdampak akibat terus meluasnya kasus virus corona (Covid 19).

Baca Juga: ACT dan Kowantara Gelar Kegiatan Makan Gratis di Warteg

Selain itu, pemerintah diharapkan ikut memperhatikan petani, peternak, nelayan, maupun komponen UMKM beserta jaringan koperasi rakyat guna meningkatkan suplai atas permasalahan yang dihadapi terkait penyebaran kasus Covid 19 di tanah air, yang menyebabkan terganggunya kehidupan ekonomi rakyat secara umum.

"Pola bantuannya harus mengena dan bersifat langsung, bukan dengan jalan impor. Karena pada saat ini, negara produsen pun terkendala kebijakan di dalam negerinya oleh sebab virus corona serta tingginya nilai dolar AS terhadap rupiah," ujar Ferry, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra dan Ketua Umum DPP INKOPPAS (Induk Koperasi Pedagang Pasar) ini.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Instagram Luncurkan Fitur 'Co-watching' dan Stiker 'Di Rumah Aja' 

Ferry menyebutkan, keberadaan dan dinamika pasar rakyat sejauh ini terbukti sanggup bertahan dalam situasi ekonomi yang sulit, di samping dapat memberikan kontribusi nyata terhadap distribusi bahan pangan di tengah masyarakat.

"Jumlah pedagang pasar di Indonesia berkisar 12.600.000 orang lebih. Ini adalah suatu jaringan distribusi yang dahsyat sekaligus efektif untuk melakukan stabilisasi kebutuhan bahan pokok demi terjadinya penguatan produksi nasional, mengingat para pedagang pasar merupakan akses pasar langsung bagi para pelaku usaha di UMKM, termasuk untuk kelompok petani dan nelayan, " jelasnya, panjang lebar.

Atas hal tersebut, kata Ferry, APPSI meminta pemerintah memberikan stimulus khusus kepada pedagang pasar melalui koperasi untuk pengadaan barang pokok penting, guna didistribusikan kepada pedagang pasar di seluruh Indonesia.

Baca Juga :Resmi Ditunda, Jepang Bentuk Gugus Tugas Reorganisasi Olimpiade 2020

"Diperlukan dana stimulus yang sumber alokasinya berasal dari KUR (Kredit Usaha Rakyat). Metode penyalurannya melalui Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS), dengan melakukan seleksi kepada pedagang yang kompeten," tambah Ferry.

Ferry menegaskan, agar para pedagang pasar sebagai garda terdepan jalur distribusi terlindungi dari ancaman bahaya virus covid-19, APSSI mengharapkan pemerintah memberikan bantuan berupa pengadaan kebutuhan masker di tengah semakin berkembangnya kasus penyebaran vorus corona (Covid 19) saat ini, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di pasar-pasar sehingga rakyat yang berada di pasar ataupun lokasi tempatnya berjualan tidak menjadi korban bagi penyebaran Covid 19. 

Ferry mengungkapkan, APPSI dan INKOPPAS berkomitmen menyediakan pelayanan masyarakat secara online di samping menyiapkan tim delivery atau pengantaran untuk memenuhi permintaan masyarakat yang berada disekitar pasar.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait