Foto: Humas Sekretaris Kabinet

FKPPI Undang Jokowi Pada Jambore Bela Negara Dengan Peserta 1.300 Orang

Ceknricek.com - Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada pertemuan tersebut FKPPI melaporkan perihal Jambore Bela Negara di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta yang segera digelar.

Ketua Umum FKPPI Ponco Sutowo menyapaikan rencana kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan pemahaman tentang bela negara.

“Masalah bela negara tidak cukup menjadi masalah pengetahuan belaka, tetapi harus menjadi sikap dasar, sikap mental dari setiap warga negara,” terang Ponco, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12).

Ia menambahkan bahwa setiap warga negara seharusnya memiliki sikap bela negara. Hal tersebut karena kekuatan suatu bangsa terlihat dari sikap rakyatnya. Oleh karena itu, sikap bela negara pada masyarakat harus dibentuk.

Ponco menyampaikan, berdasarkan data Lemhanas, semangat bela negara dinilai mengalami penurunan, sehingga harus kembali ditingkatkan mengingat tantangan negara semakin berat.

“Hal ini perlu ditingkatkan karena tantangan sekarang tidak terbatas kepada tantangan dalam bentuk militer saja. Tantangan dalam bentuk non-militer justru jauh lebih dahsyat dan jauh lebih mematikan dari tantangan militer,” paparnya.

Ponco mengharapkan agar gerakan yang meningkatkan sikap bela negara harus diselenggarakan di berbagai lokasi di Indonesia. Selanjutnya ia mengungkap jumlah peserta yang akan menghadiri Jambore lebih dari seribu orang.

“Jambore Bela Negara yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta, akan dihadiri oleh 1.300 anggota FKPPI dari seluruh daerah dan provinsi,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia memuji sikap para anggota FKPPI yang telah berjuang untuk menghadiri agenda kali ini, meski terpaut jarak yang jauh dari ibu kota.

“Mereka datang ke Jakarta atas biaya sendiri, sedangkan panitia pusat hanya menyediakan kemah dan sebagainya,” ucap Ponco.

Menurut Ponco, Jokowi menghargai usaha FKPPI yang telah berupaya untuk menggelar Jambore tingkat nasional.

“Presiden sangat sibuk, tapi beliau berusaha menyiapkan waktu untuk hadir. Beliau sangat menghargai upaya ini sebagai bentuk kongkret yang harus dimiliki oleh sikap warga negara,” pungkasnya.

Jokowi menyambut pengurus FKPPI didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Rangkaian HUT FKPPI

Kegiatan Jambore Bela Negara ini diselenggarakan sebagai puncak rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun FKPPI ke-40. Dalam memperingati usia kepala 4, forum yang dideklarasikan tanggal 12 September 1978 ini melaksanakan serangkaian kegiatan.

Tanggal 4 September lalu, FKPPI bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar kegiatan peduli kaum perempuan. Kegiatan berupa pemeriksaan dini kanker payudara dengan metode mamografi itu dilakukan tanpa memungut biaya kepada para pesertanya.

Tepat di tanggal deklarasi FKPPI, 12 September, digelar upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Pagi hari sekitar pukul 07:00 WIB, peserta melakukan upacara tabur bunga. Kemudian syukuran diselenggarakan di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta. Acara hari itu ditutup dengan diskusi panel bertema “Rembug Nasional Untuk Persatuan Sebagai Antisipasi Dampak Negatif Pilpres 2019” yang dihadiri lebih dari 300 peserta.