Harga Gula dan Bawang Merah Mahal, Jokowi Curiga Ada Permainan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Harga Gula dan Bawang Merah Mahal, Jokowi Curiga Ada Permainan

Ceknricek.com -- Harga bawang merah dan gula pasir saat ini masih terus naik dipasaran.Terkait hal ini Presiden Joko Widodo terus mengejar agar harga tersebut dapat turun dengan memerintahkan jajaran kementrian terkait untuk mengungkap penyebab naiknya dua bahan pokok itu.

Hal ini diampaikan Presiden dalam rapat terbatas melalui telekonferensi video menegenai Pembahasan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok di Istana Merdeka, Jakarta Rabu, (13/5).

“Saya ingin dilihat masalahnya di mana, apakah distribusi atau stok kurang atau ada yang sengaja permainan harga untuk sebuah keuntungan yang besar,” kta Jokowi Sebagaimana dikutip Antara.

Baca juga: Harga Bawang Membumbung, Mentan: Kalau Ada yang Timbun Tangkap

Jokowi mengatakan dalam masa pandemi Covid-19 ini masyarakat sedang mengalami peneurunan daya beli. Maka dari itu untuk mengurangi beban masyarakat seluruh bahan pokok harus terkendali dan terjangkau.

Untuk harga bawang merah, Jokowi masih mencatat harga di pasaran masih mencapai Rp 51.000 per kilogram. Padahal seharusnya  harga bawang merah masih bisa ditekan hingga Rp 32.000 pe kilogram.

Sementara itu untuk harga gula pasir juga masih belum menunjukkan penurunan harga yang signifikan, padahaal Presiden sudah memerintahkan jajaran terkait untuk mengadakan stok dan operasi pasar.

Jokowi pun meminta semua jajaran agar penyebab tingginya harga dua bahan kebutuhan pokok itu dicari solusinya. “Gula pasir, sampai saat ini terus saya kejar. Harganya juga masih Rp17 ribu sampai Rp17.500 padahal HET seharusnya di Rp12.500," tambahnya.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait