Hari Pers Nasional 2021, Jokowi: Pers Jadi Suluh yang Menerangi dan Membuka Pikiran | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Hari Pers Nasional 2021, Jokowi: Pers Jadi Suluh yang Menerangi dan Membuka Pikiran

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo memberikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, melalui akun instagramnya, Selasa pagi (9/2/21).

Jokowi mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan sejumlah kegiatan jurnalistik insan pers seperti memotret foto, merekam video menggunakan kamera, wawancara, menulis, hingga live report.

"Selamat hari pers nasional 9 Februari 2021," tulis Jokowi dalam gambar yang diunggahnya.

Dalam unggahan tersebut, Jokowi turut menyampaikan pandangannya terkait eksistensi pers di Indonesia, yang di era pandemi Covid-19 sekarang ini menghadapi dua tantangan sekaligus.

"Di masa-masa sulit seperti ini, pers Indonesia berjuang di dua medan sekaligus. Pandemi yang imbasnya menimpa dunia pers sendiri dan tanggung jawab sebagai penjernih informai di tengah lautan berita yang beredar di masyarakat," ujar Jokowi.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI TANTOWI YAHYA

Dari realitas itu, mantan Wali Kota Solo ini mengharapkan peran penting pers menjadi sumber informasi masyarakat yan terpercaya, dan bisa menjadi kanal aspirasi masyarakat.

"Bagi pemerintah, pers telah menjadi suluh yang menerangi dan membuka pikiran, serta menyingkap segala informasi yang benar dari sumber terpercaya mengenai Covid-19 dan vaksinasi massal yang sudah kita mulai," tuturnya.

"Dan tentu saja, pers menjadi ruang yang lapang untuk diskusi dan kritik untuk penanganan dampak pandemi yang lebih baik," demikian Joko Widodo menutup.

Baca juga: Doni Monardo akan Diberi Medali Emas Pers pada Puncak Peringatan HPN 2021

Baca juga: Anies Baswedan: Kalahkan Pandemi Adalah Tantangan Dunia Jurnalistik


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait