Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Premierleague.com

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea

Ceknricek.com -- Sepak bola tentang permainan selama 90 menit (plus injury time). Itulah nampaknya pelajaran berharga yang dipetik Arsenal di era kepemimpinan manajer anyar, Mikel Arteta dalam kekalahannya atas Chelsea di lanjutan Premier League 2019/2020, Minggu (29/12).

Duel bertajuk Derby London ini kembali memanas, seperti ketika kedua tim masih berjaya di papan atas klasemen Liga Inggris era 2004/2005, ketika Chelsea masih ditangani The Special One, Jose Mourinho dan Arsenal ditangani oleh The Professor, Arsene Wenger. Kali ini, kedua murid para pelatih kawakan itu, Frank Lampard dan Mikel Arteta yang menangani Chelsea dan Arsenal.

Baca Juga: Benamkan Burnley, MU Masuk ke 5 Besar

Panasnya duel ini terbukti ketika wasit Craig Pawson harus mencabut 9 kartu kuning dalam laga ini, 5 untuk pemain tuan rumah, 4 untuk tim tamu. Ini merupakan kartu kuning terbanyak dalam satu laga Premier League musim 2019/2020, dan yang terbanyak sejak laga Bournemouth melawan Wolverhampton Wanderers pada Februari lalu.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Bermain di Emirates, Arsenal ingin unjuk gigi di depan para pendukungnya, demikian juga Chelsea yang ingin bangkit setelah takluk memalukan dari Southampton di laga Boxing Day. Sejak awal laga, kedua tim berusaha tampil mengembalikan hegemoni Derby London yang dalam beberapa tahun terakhir kurang gereget.

Tuan rumah mendapat kesempatan terlebih dahulu lewat tendangan bebas dari David Luiz di menit 6. Sayang tembakan bek Brasil itu masih mengarah tepat ke penjaga gawang The Blues, Kepa Arrizabalaga. Lima menit berikutnya, giliran Chelsea yang memanfaatkan situasi bola mati lewat tendangan Mason Mount, yang juga masih bisa diamankan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Arsenal akhirnya unggul terlebih dahulu di menit 13. Berawal dari sepak pojok Mesut Ozil, umpan lambung Ozil diteruskan oleh sundulan dari Calum Chambers yang mengarah ke Pierre-Emerick Aubameyang. Tanpa ampun, kapten Arsenal itu mengakhirinya dengan sundulan yang merobek gawang Chelsea.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Setelah gol ini, serangan Arsenal justru mengendur. Tercatat, mereka hanya mampu mencetak tiga tembakan setelahnya, dan tidak ada satupun yang mengarah ke gawang. Sementara di kubu Chelsea, Lampard memasukkan Jorginho menggantikan Emerson di menit 34 yang membuat lini tengah kian dikuasai The Blues.

Memasuki babak kedua, Chelsea hampir mencetak gol balasan, lagi-lagi melalui situasi bola mati. Sayang, tendangan jarak jauh N'Golo Kante masih melebar dari gawang Leno. Menit 64, giliran tembakan Tammy Abraham dari kiri kotak penalti yang masih tertahan.

Petaka tuan rumah terjadi 7 menit terakhir jelang laga berakhir. Berawal dari sepak bebas Mason Mount dari sisi kiri, Mount mengirimkan umpan lambung ke area kotak penalti Arsenal. Leno keluar dari gawang dan berusaha meninju bola. Sayang, bola lepas dari kepalannya dan jatuh ke kaki Jorginho. Tanpa basa-basi, mantan pemain Napoli ini menceploskan bola ke gawang kosong.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Menit 87, Leno kembali harus tertunduk lesu. Berawal dari fast break, Abraham melakukan penetrasi ke area pertahanan Arsenal lalu melakukan kerja sama dengan Willian. Bola dikembalikan ke Abraham yang sudah berada di kotak penalti, lalu mengirimkan bola melewati kolong kaki dari Leno.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Arsenal gagal membuat peluang berarti untuk menyamakan kedudukan. Chelsea akhirnya menang 2-1, dan Arsenal harus menutup tahun 2019 ini dengan kekalahan kandang. Arteta pun belum mampu memberi kemenangan untuk Arsenal, setelah di laga perdananya hanya imbang 1-1 dengan AFC Bournemouth.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Kekalahan ini juga menjadi kekalahan kandang keempat yang diderita Arsenal secara beruntun, atau yang pertama kalinya di Liga Inggris sejak 1959

Kesalahan Individual

Usai laga, Arteta mengaku kecewa berat dengan kekalahan ini. Total, The Gunners hanya mampu menguasai 42 persen penguasaan bola, dan hanya mencetak 7 tembakan (2 on target). Sebaliknya, Chelsea menguasai 58 persen penguasaan bola dan mencetak 13 tembakan (4 on target).

"Cara kami kalah sangat kejam. Di babak pertama ada banyak hal positif yang kami tampilkan. Tapi cara kami kebobolan sangat mengecewakan. Sangat jelas mengapa ini mengecewakan, saya tidak perlu berkata apa pun lagi," ucap Arteta seperti dilansir situs resmi Arsenal.

"Sulit mendominasi pertandingan melawan tim ini. Kami bertahan terlalu dalam dan energi para pemain terlihat berbeda dengan yang dimiliki Chelsea. Kesalahan individual merugikan Anda dalam laga ini, tapi saya tidak bisa menyalahkan upaya dan komitmen para pemain," kata Arteta.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Sementara itu, Lampard mengaku timnya mengawali laga sangat buruk. Namun, dirinya puas karena timnya bangkit berkat kecermatan dalam menerapkan taktik.

"Kami sangat buruk di 30 menit pertama. Lambat, malas dan gugup. Kami memberi Arsenal segala yang mereka mau. Kami membuat pergantian pemain lebih cepat, dan di babak kedua kami mendominasi," ucap Lampard seperti dilansir BBC Sport.

"Anda bisa menerima salah umpan, tapi Anda tidak bisa menerima kemalasan di Derby London. Pemain sudah diberi tahu dan mereka menyampaikannya di lapangan. Babak kedua para pemain menunjukkan semangat dan keinginan untuk menang," kata Lampard.

Hilang Konsentrasi 7 Menit, Arsenal Takluk dari Chelsea
Sumber: Premierleague.com

Tambahan 3 poin kini menempatkan Chelsea nyaman di posisi 4 besar klasemen sementara Premier League 2019/2020 dengan torehan 45 poin dari 20 laga. Adapun Arsenal kini terperosok ke posisi 12 klasemen, dengan torehan 24 poin dari 20 laga.

Kedua tim akan menjalani partai perdana mereka di tahun 2020, pada Rabu (1/1). Chelsea akan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion, sedangkan Arsenal akan kembali menjalani partai berat dengan menjamu Manchester United, beberapa jam berikutnya atau Kamis (2/1) dini hari WIB.

Susunan pemain:
Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers (Shkodran Mustafi 23'), David Luiz, Bukayo Saka; Matteo Guendouzi, Lucas Torreira; Reiss Nelson (Nicolas Pepe 85'), Mesut Ozil (Joe Willock 76'), Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette
Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Fikayo Tomori (Tariq Lamptey 59'); Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Mateo Kovacic (Callum Hudson-Odoi 70'), Emerson (Jorginho 34'); Willian, Mason Mount, Tammy Abraham

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait