Ini Prosedur Penggantian Presiden Amerika Serikat | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Ini Prosedur Penggantian Presiden Amerika Serikat

Ceknricek.com—Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Namun disisi lain, Donald Trump bertekad akan terus bertahan di gedung putih. Bagaimana sebetulnya prosedur pergantian Presiden Amerika Serikat? Peter F. Gontha, mantan duta besar RI untuk Polandia menuturkan tata cara penggantian presiden Amerika Serikat di laman social medianya.

Menurutnya, pada tanggal 4 Maret 1801, presiden kedua Amerika Serikat John Adams menolak untuk menyerahkan jabatannya kepada saingan utamanya pada pemilihan umum 1800, Thomas Jefferson. Aturan tengah hari tanggal 20 Januari pergantian belum dibuat.

Peter F. Gontha Foto: Indonews.id

Setelah Thomas Jefferson dilantik di sebuah acara di mana mantan Presiden yang kalah  menolak untuk hadir, staf Gedung Putih mulai mengeluarkan barang-barang presiden dari Gedung Putih (Adams adalah presiden pertama yang tinggal di kediaman resmi yang baru). Semua organ keamanan memutuskan komunikasi resmi. Semua staf presiden berhenti menerima instruksi dari Adams.

Sejak saat itu semua petahana di Gedung Putih bersiap lebih awal untuk pergi jika mereka melihat tanda-tanda kekalahan untuk menghindari penghinaan oleh badan-badan independen negara (Militer, Dinas Rahasia, CIA, FBI, dan semua staf Gedung Putih. Mereka semua beroperasi di bawah kode etik - yaitu melayani kepala negara sesuai  keinginan rakyatnya).

Segera setelah Biden meraih 270 lebih electoral votes dan secara resmi diumumkan oleh semua petugas-petugas pemilu negara bagian, berikut ini hal-hal yang akan terjadi:

1- Dinas rahasia membagi perhatiannya antara petahana dengan Presiden terpilih.

2- CIA mulai memberi perhatian pada keduanya (termasuk intelijen rahasia yang secara tradisional disediakan untuk satu individu - komandan tertinggi)

3- Tim kontra intelijen CIA yang 'memata-matai' CIA juga mulai memberi pengarahan pada keduanya

4- Staf Gedung Putih mulai bersiap untuk menata kembali interior gedung putih sesuai dengan selera presiden terpilih.

5- Pada Tengah Hari pada tanggal 20 Januari, staf Gedung Putih mengeluarkan semua barang milik Presiden lama dari gedung putih dan membawa masuk barang milik presiden baru (mereka tidak menunggu instruksi siapa pun.)

6- Pemotongan sewa Gedung Putih atas gaji Trump berhenti pada bulan Januari

7- Pemotongan sewa Gedung putih dimulai dari gaji presiden Joe Biden pada bulan Januari

8 - Melania Trump berhenti menjadi bos Gedung Putih pada 20 Januari di tengah hari

9- ibu Negara Dr. Jill Biden menjadi bos Whitehouse pada 20 Januari di tengah hari

10- Pada tengah hari pada tanggal 20 Januari semua organ kekuasaan AS memutuskan komunikasi resmi dengan Trump; Pentagon, CIA, FBI, Jaksa Agung. Dinas rahasia hanya menjaga komunikasi minimal karena akan menjaga  mantan presiden sepanjang hidupnya.

11- The BEAST (Mobil Presiden) dan AIRFORCE ONE (pesawat Presiden) untuk terachir kalinya memberi hormat kepada Trump dan mengalihkan perhatian mereka ke Biden. BEAST mulai membawa sampel darah Biden didalam mobil seperti tradisi.

Tanpa instruksi dari siapapun! Ini semua sudah terjadi selama lebih dari 200 tahun.

Baca Juga : Menang Pilpres AS 2020, Ini Pidato Joe Biden

Baca Juga : Ini Profil Biden,Pemenang Pilpres AS

Baca Juga : Biden Menang, Trump Ngamuk di Twitter


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait