Menang Pilpres AS 2020, Ini Pidato Joe Biden | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Menang Pilpres AS 2020, Ini Pidato Joe Biden

Ceknricek.com--Joe Biden dan Kamala Harris memberikan pidato kemenangan Pilpres Amerika Serikat 2020. Biden menyebut kemenangannya ini merupakan momen persatuan untuk bersama-sama memulihkan negara yang tengah sakit. 

Biden dan Kamala tampil bergantian di panggung pidato yang ditempatkan di depan kantor tim pemenangan Partai Demokrat di Wilmington, Delaware, Sabtu (7/11/20) malam waktu setempat atau Minggu (8/11/20) pagi WIB. 

Dalam pidato kemenangannya, Biden mengirim pesan rekonsiliasi kepada warga Amerika Serikat yang memilih Donald Trump pada Pilpres 2020. Dia mengajak semua yang sempat terpecah saat pilpres untuk bersatu kembali. 

"Bagi Anda yang memilih Donald Trump dalam pilpres, saya memahami Anda kecewa malam ini. Saya pernah mengalaminya berulang kali, tetapi sekarang saatnya memberikan orang lain kesempatan," kata Biden. 

Akan menduduki kursi Presiden Amerika Serikat, Biden berjanji akan berusaha mendengar dan merangkul semua pendukung Trump. Menurut Biden, persatuan merupakan modal penting untuk memulihkan kembali Amerika Serikat yang tengah kolaps dihantam Covid-19. 

"Saatnya untuk menyingkirkan retorika kasar, menurunkan tensi politik, kembali bersatu, saling mendengarkan lagi. Untuk membuat kemajuan, kita harus berhenti memperlakukan lawan kita sebagai musuh kita. Mereka bukanlah musuh kita. Mereka orang Amerika," lanjutnya. 

"Alkitab memberi tahu kita untuk segala sesuatu ada masanya, ada waktu untuk membangun, ada waktu untuk menuai, ada waktu untuk menabur dan ada waktu untuk menyembuhkan. Inilah waktu untuk menyembuhkan di Amerika," ucapnya. 

Biden mengalahkan capres petahana Donald Trump dalam Pilpres AS 2020 dengan perolehan 290 suara berbanding 214 suara elektoral. Selisih suara kedua calon keduanya masih sangat mungkin berubah karena masih ada tiga negara bagian belum merampungkan perhitungan suara sampai Minggu (8/11/20).

Baca juga: Genjot Pertumbuhan Perlu Sinergi Konsumsi dan Penanganan COVID-19

Baca juga: Pandemi COVID-19, Anggota DPR Ingatkan Waspada Krisis Pangan


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait