Jadwal MotoGP 2020 Setelah GP Inggris dan Australia Resmi Batal | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Jadwal MotoGP 2020 Setelah GP Inggris dan Australia Resmi Batal

Ceknricek.com -- MotoGP Inggris dan MotoGP Australia resmi dibatalkan akibat pandemi virus corona. Musim MotoGP direncanakan bergulir dengan MotoGP Spanyol pada 19 Juli. MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone tadinya dijadwalkan bergulir pada 28-30 Agustus 2020 sementara MotOGP Australia di Philiip Island pada 23-25 Oktober 2020.

MotoGP Inggris batal setelah Pemerintah Inggris menerapkan peraturan karantina 14 hari bagi semua warga negara non Inggris yang datang dari luar negeri terhitung 8 Juni. Ini adalah kedua kali dalam tiga tahun terakhir balapan di Sirkuit Silverstone batal. Permasalahan drainase membuat MotoGP Inggris 2018 di trek sama tak bisa bergulir. 

Sementara, Australia belum akan membuka perbatasan mereka dalam waktu dekat. Pertimbangan tersebut membuat kedua negara mustahil untuk menggelar ajang MotoGP yang memerlukan logistik lintas perbatasan dalam skala masif.

Baca juga: Ducati Resmi Rekrut Jack Miller untuk MotoGP 2021

"Silverstone dan Phillip Island merupakan dua akhir pekan balapan yang sangat seru. Kedua trek tak pernah gagal memenuhi janji mereka menampilkan balapan-balapan terketat di MotoGP," tutur Carmelo Ezpelata, CEO Dorna Sports, di MotorSport.com. 

"Atas nama Dorna, saya ingin sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada para fans atas pengertian dan kesabaran mereka sementara kami menunggu situasi menjadi lebih baik."

Ezpelata pun mengutarakan bahwa Silverstone dan Phillip Island akan kembali ke jadwal asli mereka untuk Kejuaraan Dunia MotoGp 2021. Sebelum ini, MotoGP telah membatalkan MotoGP Qatar kendati kelas Moto2 dan Moto3 tetap bergulir. 

Larangan dari Pemerintah Jerman dan Belanda yang tak memperbolehkan event olahraga besar bergulir sebelum 1 September membuat GP Belanda dan Jerman batal. Selain itu, MotoGP Finlandia batal kendati tahun ini bakal menjadi kali pertama dalam 38 tahun Finlandia kembali jadi tuan rumah MotoGP.

Mengutip Kompas.com, sejauh ini MotoGP Republik Ceska dijadwalkan menjadi balapan pembuka musim pada 9 Agustus 2020. Namun, Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM) dan Dorna selaku penyelenggara MotoGP tengah menggodok agar dua seri pembuka musim dapat bergulir di Sirkuit Jerez. Mereka kini menunggu persetujuan Pemerintah Spanyol terhadap proposal ini. Jika dikabulkan, musim MotoGP 2020 bakal bergulir dengan MotoGP Spanyol pada 19 Juli 2020 disusul oleh MotoGP Andalusia di trek sama pada 26 Juli.

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait