Jakpro Mau Aspal Sirkuit Formula E Dibuat Permanen | Cek&Ricek
Ashar/Ceknricek.com

Jakpro Mau Aspal Sirkuit Formula E Dibuat Permanen

Ceknricek.com -- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pelaksana pembangunan sirkuit ajang balap mobil listrik Formula E berharap aspal sirkuit yang berada di kawasan Monas itu bisa dipermanenkan. Proses pengaspalan akan memakan waktu satu hingga dua bulan ini memang belum diputuskan apakah akan permanen atau dibongkar setelah balapan selesai.

"Kita akan diskusikan dengan pihak terkait, termasuk ke Komisi Pengarah Pembangunan Medan Merdeka. Kita akan minta rekomendasi apakah permanen atau tidak," kata Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto dalam media briefing di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Baca Juga: Jakpro dan FEO Pastikan Penyelenggaraan Formula E Seri Jakarta 2020 di Monas

Hingga hari ini, Jakpro mempertimbangkan dua opsi, yakni mengangkat cobblestone kemudian mengaspal secara permanen atau melapisi cobblestone dengan lapisan pengaman, kemudian baru ditumpuk aspal. Dwi mengungkap cobblestone saat ini sebenarnya sama seperti aspal yang tidak menyerap air.

"Sekarang pun di bawah cobblestone itu semen, jadi bukan tanah. Kalau nanti di aspal, saya pribadi berharap itu sudah dipermanenkan saja. Supaya jangan di angkat atau dikelupas lagi," ucap Dwi menjelaskan.

Dwi mengklaim aspal justru lebih ramah untuk penyandang disabilitas yang akan berkunjung ke pelataran Monas. Nantinya pengaspalan ini diharapkan bisa menjadi kontribusi pembangunan sirkuit ini untuk fasilitas yang menunjang kenyamanan para difabel.

Alasan lainnya mengapa Jakpro berharap sirkuit bisa dipermanenkan, supaya menunjang penyelenggaraan ajang balap lain. Adapun fasilitas kelengkapan sirkuit seperti barrier, pagar penonton, atau infrastruktur kelengkapan sirkuit lain sudah menjadi aset Jakpro.

Untuk itu Jakpro berharap sirkuit yang akan menjadi satu-satunya sirkuit di Jakarta yang memiliki grade 3 FIA ini dapat mendorong kejuaraan-kejuaraan balap internasional lain tampil kembali di Indonesia.

"Jadi apakah bisa dimanfaatkan untuk melakukan sport tourism balapan yang lain, kita berharap tentu saja bisa. Kita sudah kerja sama dengan IMI. Jakpro sudah menjadi corporate member dari IMI," ucap Dwi.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait