Jan O Jorgensen Bakal Pensiun dari Bulu Tangkis | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto: Istimewa

Jan O Jorgensen Bakal Pensiun dari Bulu Tangkis

Ceknricek.com -- Jan O Jorgensen memilih pensiun dari dunia bulu tangkis, setelah 12 tahun menjadi bagian dari tim nasional bulu tangkis Denmark. Seperti dilansir BolaSport.com yang mengutip dari Badminton Europe, Jan O Jorgensen berencana untuk bermain pada beberapa turnamen lagi sebelum menjalani laga terakhirnya pada Denmark Open 2020. 

Dalam siaran pers yang diumumkan Badminton Denmark, Jan O Jorgensen menjalani sesi latihan terakhirnya bersama tim Denmark di Copenhagen pada Rabu (24/6/20). Setelah itu, Juara Eropa 2014 itu akan hijrah ke Jerman bersama sang istri.

Jorgensen memiliki karier yang cukup cemerlang. Selain meraih titel kampiun pada Kejuaraan Eropa 2014, Jorgensen juga masih tercatat sebagai satu-satunya pemain Eropa yang berhasil menjuarai China Open dan Indonesia Open. Tak hanya itu, dia juga menjadi salah satu anggota tim Denmark yang memenangi Piala Thomas.

Pada tahun 2015, Jorgensen meraih medali perunggu Kejuaraan Dunia BWF. Namun, sinar karier Jan O Jorgensen tak selamanya terang. Selama lima tahun terakhir, dia terus didera cedera, mulai dari cedera pinggul sampai cedera tumit. 

Baca juga: Tontowi Ahmad Nyatakan Pensiun Dari Bulu Tangkis

Alhasil, Jorgensen tak lagi mampu bersaing di jajaran elite dunia. Padahal, sebelum mendapat cedera, Jorgensen pernah menempati peringkat kedua dunia. Fakta inilah yang kemudian membuat Jorgensen merasa frustrasi dan kehilangan motivasi hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti. 

"Saya sudah berjuang untuk kembali ke level saya sebelum mendapat cedera. Namun, banyak yang terjadi pada nomor tunggal putra sejak tahun 2017 dan permainan terus berkembang, sedangkan motivasi dan semangat saya justru kian menurun," ucap Jorgensen.

"Saya tidak bisa jujur dengan diri saya sendiri saat saya tidak berkompetisi dengan para pemain terbaik pada turnamen besar. Padahal, itu alasan saya bermain bulu tangkis."

"Keputusan ini tidak diambil mendadak. Rasanya sakit setiap hari dan sekarang saya sudah tidak tahan lagi," kata dia menjelaskan.

Jan O Jorgensen berencana untuk menjalani turnamen perpisahan di hadapan publiknya sendiri pada Denmark Open 2020. Turnamen BWF World Tour Super 750 itu akan digelar di Odense Sports Park, Odense, Denmark, pada 13-18 Oktober 2020.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait