Jelang Imlek Pedagang Ikan Bandeng Musiman Bermunculan di Rawa Belong | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Jelang Imlek Pedagang Ikan Bandeng Musiman Bermunculan di Rawa Belong

Ceknricek.com -- Jelang Tahun Baru Imlek pedagang ikan bandeng musiman di kawasan Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mulai bermunculan dan memenuhi trotoar jalanan.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudis KPKP) Jakarta mencatat  terhitung ada 3.345 kilogram (kg) ikan bandeng yang dijual di lokasi tersebut.

Hal itu diketahui setelah mereka melakukan sidak di Jalan Sulaiman Pasar Rawa Belong, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk pada Selasa (9/2/21) untuk dilakukan pendataan sekaligus imbauan mematuhi protokol kesehatan.

"Ada 23 pedagang yang jualan di sini dengan total berat ikan bandeng yang dipasarkan mencapai sekitar 3.345 kg," ujar Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto kepada wartawan Selasa (9/2/21).

Jelang Imlek Pedagang Ikan Bandeng Musiman Bermunculan di Rawa Belong
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Ukuran ikan bandeng yang dijual pedagang di kawasan tersebut cukup besar. Rata-rata berat per ekornya mencapai satu hingga lima kilogram dengan harga per kilo bervariasi, mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Dari informasi yang dihimpun ada sedikit kenaikan dari harga ikan bandeng pada imlek tahun lalu. Di tahun sebelumnya harga termurah ikan bandengmencapai Rp 45 ribu.

Selain memeriksa kesegaran ikan, Sudin KPKP juga mengingatkan para pedagang ikan bandeng agar selalu menjaga kebersihan tempat jualan dan lingkungan sekitar.

Para pedagang juga diimbau untuk selalu menaati protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 saat melayani pembeli.Terlebih menjelang Imlek, kawasan tersebut selalu ramai pembeli dan menimbulkan kemacetan lalu lintas di sekitarnya.

“Pedagang kami imbau untuk selalu menerapkan prokes, terutama memakai masker, menjaga jarak konsumen minimal satu meter dan jangan lupa sering cuci tangan saat melayani konsumen,” kata Iwan.

Baca juga: Menag Imbau Perayaan Imlek Dilakukan Sederhana dan Virtual



Berita Terkait