Jokowi Sebut Simbol Garuda Istana Ibu Kota Baru Belum Final | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Presiden Joko Widodo, Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi Sebut Simbol Garuda Istana Ibu Kota Baru Belum Final

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo mengharapkan adanya masukan dari seluruh pihak atas pradesain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota baru. Menurut dia pradesain istana negara di Ibu Kota negara Kalimantan Timur masih belum final.

"Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini,” kata Jokowi melalui akun instagramnya, Jumat (2/4/21).

Jokowi menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tetapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

“Dengan masukan-masukan itu, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengayaan pradesain menjadi basic design Istana Negara,” tuturnya.

Jokowi menjabarkan , tahun lalu Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara baru. Sejumlah usulan pun masum, salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung  Nyoman Nuart.

“Usulan Nyoman Nuarta sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun demikian , saya menekankan usulan tersebut masih pada tahap pradesain,” tandas Jokowi.



Berita Terkait