Jusuf Kalla Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi' | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Jusuf Kalla Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi'

Ceknricek.com -- Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menerima penghargaan “Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi" dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Yayasan Sekar Manggis. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Kemlu, Jakarta, Kamis (23/1).

Mengutip kemlu.go.id, acara dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Mahendra Siregar, di hadapan sekitar 200 undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional dan para Duta Besar negara sahabat. Hadir pula Meutia Hatta, Ketua Dewan Juri tahun ini. 

Anugerah penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kontribusi penting Jusuf Kalla di dunia diplomasi, baik di dalam negeri maupun di manca negara.

Kiprah Jusuf Kalla telah teruji dan terbukti dalam berbagai misi perdamaian, di antaranya dalam penyelesaian konflik di Poso, Aceh dan Ambon. Di kancah regional, ia menjadi juri runding yang sangat disegani dalam upaya penyelesaian konflik di Thailand Selatan maupun Sri Lanka. Dan di tataran internasional, Kalla dikenal sebagai inisiator yang menyebarkan benih-benih perdamaian di Afghanistan.

Jusuf Kalla Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi'
Sumber: Antara

“Dari penyelesaian konflik di Aceh kita melihat kepemimpinan dan kepiawaian beliau dalam membina hubungan dan komunikasi dengan pimpinan GAM, di satu sisi menjadi jembatan komunikasi dengan TNI dan seluruh pihak lainnya,” kata Mahendra. 

Kalla dinilai dapat menggunakan diplomasi dan kapasitas politik dan kemampuan mengedepankan kemanusiaan dan mendorong upaya dialog yang berlangsung selama beberapa dekade.

Baca Juga: Cerita di Balik Foto Pak JK Orasi Lapangan Catur Unhas Ditampilkan di ITB

Komunikasi yang dilakukan tokoh asal Sulawesi Selatan itu merupakan simbol dan wujud Indonesia dalam menjaga perdamaian di dunia "trust building" dan menjaga harga diri para pihak adalah kunci dalam menjaga perdamaian dan itu adalah kunci diplomasi bapak JK,” tutur Mahendra.

Jusuf Kalla Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi'
Sumber: Antara

Kalla bahkan mencetuskan suatu terobosan baru yakni “diplomasi tangan di atas” sebagai suatu paradigma pola pikir yang mengubah dan memperkuat instrumen diplomasi Indonesia.

“Paradigma baru ini mengedepankan keberhasilan diplomasi bukan dari yang kita peroleh tetapi apa yang bisa Indonesia beri kepada dunia,” kata Wamenlu. 

Yayasan Sekar Manggis didirikan oleh pahlawan nasional, Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri pada era pemerintahan Presiden Soekarno itu, memiliki moto bahwa diplomasi sama dengan perdamaian.

Tokoh-tokoh nasional Indonesia lainnya yang telah menerima anugerah ini antara lain, Muhammad Hatta, Adam Malik, Mochtar Kusumaatmadja dan Ali Alatas.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait