Kalah dari Tim Promosi, Arsenal Gagal Tembus Tiga Besar | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Kalah dari Tim Promosi, Arsenal Gagal Tembus Tiga Besar

Ceknricek.com -- Arsenal harus menelan pil pahit usai ditumbangkan tim promosi Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris (Premier League), Senin (21/10) atau Selasa (22/10) dini hari WIB. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Bramall Lane, kandang Sheffield, The Gunners takluk 0-1.

Sheffield yang merupakan tim promosi musim ini bersama dengan Aston Villa dan Norwich City, ingin membuktikan diri mereka layak berada di kasta tertinggi Liga Inggris. Menghadapi kolektor 13 gelar Liga Inggris itu, anak asuh Chris Wilder tampil menekan di awal laga.

Pada menit 21, Arsenal mendapat peluang melalui serangan balik. Sayang penyelesaian akhir Pepe masih kurang sempurna dan gagal mengubah skor pertandingan.

Sumber: Istimewa

Gol yang ditunggu publik tuan rumah tercipta pada menit 30. Berawal dari sepak pojok Oliver Norwood yang diteruskan sundulan Jack O'Connell, Lys Mousset yang sukses memanfaatkan peluang masuk ke gawang Arsenal yang dijaga Bernd Leno.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Babak kedua, Arsenal kembali gagal membuat peluang berarti. Malahan tuan rumah hampir menggandakan keunggulan melalui John Fleck pada menit 61. Sayang, tembakan Fleck masih melenceng dari arah gawang.

Sumber: Istimewa

Peluang terbaik Arsenal hadir di menit 73. Sayang, tendangan bebas Pepe masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Sheffield Dean Henderson. Skor 1-0 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Sepanjang laga, Arsenal menguasai 68,2 persen penguasaan bola, berbanding 31,8 persen oleh tuan rumah. Arsenal membukukan 9 tembakan dan hanya 3 mengarah ke gawang, sedangkan The Blades mengirimkan 8 tembakan dan 2 mengarah ke gawang.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Sheffield ke tangga 9 klasemen sementara dengan 12 poin, unggul dari dua tim promosi lainnya yakni Norwich (posisi 19, 7 poin) dan Aston Villa (12, 11 poin).

Sumber: Istimewa

Sementara Arsenal kini tertahan di peringkat 5 dengan 15 poin, tertinggal dua poin dari Chelsea dan Leicester City dan empat poin dari Manchester City, dan 10 poin dari Liverpool yang memuncaki klasemen sementara.

Tak Pantas Kalah

Pelatih Arsenal, Unai Emery menyayangkan gol semata wayang yang dicetak Sheffield. Menurutnya, Arsenal seharusnya bisa mengantisipasi situasi bola pojok supaya tidak kebobolan.

Sumber: Istimewa

"Kami tak pantas kalah dan kami mendapat banyak peluang dari sepak pojok di babak pertama. Mereka memiliki sepak pojok dan berhasil mencetak satu gol. Kami seharusnya bisa lebih baik dalam mengantisipasi bola-bola sepak pojok," kata Emery seperti dilansir situs resmi Arsenal, Selasa (22/10).

Baca Juga: Unai Emery Minta Mustafi dan Elneny Tinggalkan Arsenal

Ini merupakan gol ke 22 yang bersarang di gawang Arsenal melalui situasi sepak pojok, sejak Emery ditunjuk sebagai nahkoda dari Arsenal menggatikan Arsene Wenger, musim 2018/2019 lalu. Hanya Watford dan Everton yang kebobolan lebih banyak gol dari situasi sepak pojok pada periode yang sama.

Sumber: Istimewa

"Kami berhasil menyerang dan menciptakan lebih banyak peluang, namun tidak mendapat gol. Kami pantas mendapatkan hasil yang lebih baik dari pertandingan ini. Sheffield tim yang sedikit kebobolan musim ini dan menjadi sulit ketika mereka mencetak gol terlebih dahulu," kata Emery menambahkan.

Hingga pekan kesembilan, Sheffield memang baru kebobolan 7 gol. Bersama Liverpool, mereka menjadi dua tim yang paling sedikit kebobolan. Emery pun mengakui timnya sudah bekerja keras, namun hasil pertandingan memang tidak memihak kepada klub asal London Utara itu.

"Saya pikir kami pantas mendapatkan hasil lebih baik dan tak pantas kalah. Tapi kami mengapresiasi kerja keras Sheffield, bersama suporter mereka berhasil mendapatkan hasil ini. Kami juga sudah bekerja keras, dan saya memuji sikap para pemain karena mereka pantas mendaptakan lebih," kata mantan pelatih Valencia dan Sevilla itu.

Kekalahan ini juga menambah catatan rekor buruk Emery saat menjalani partai tandang. Tercatat, The Gunners hanya mampu membukukan 2 clean sheet alias nihil kebobolan dari 24 partai tandang yang dijalani Arsenal di era pelatih asal Spanyol itu.

"Hari ini adalah 90 menit yang berbeda. Kami menguasai pertandingan, penguasaan bola, peluang dan tembakan, namun kami kalah. Itulah realita. Kami harus menjaga pikiran positif untuk menghadapi Crystal Palace Minggu nanti," ucap Emery.

Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2)
Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O'Connell; George Baldock, John Lundstram, Oliver Norwood (Oliver McBurnie 85'), John Fleck, Enda Stevens; David McGoldrick (Luke Freeman 78'), Lys Mousset (Billy Sharp 56').

Arsenal (4-2-3-1)
Bernd Leno; Calum Chambers, Sokratis, David Luiz, Sead Kolasinac; Matteo Guendouzi, Granit Xhaka (Alexandre Lacazette 69'); Nicolas Pepe (Gabriel Martinelli 78'), Joe Willock (Dani Ceballos 46'), Bukayo Saka; Pierre-Emerick Aubameyang. 

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait