Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen

Ceknricek.com -- Kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT PLN, tercatat mengurangi polusi udara hingga 35,58 persen di lokasi gelaran tersebut.

"Kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru tercatat menurunkan tingkat polutan PM2.5 hingga 35,58 persen selama berlangsungnya kegiatan," demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (28/10).

Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen
Sumber: Pemprov DKI Jakarta

Berdasarkan pengukuran di lokasi kegiatan dibandingkan dengan dua hari sebelumnya tercatat rata-rata:

PM2,5 pada Jumat (25/10) 93,00 ug/m3.

PM2,5 pada Sabtu (26/10) 78,08 ug/m3.

PM2,5 pada Minggu (27/10) 59,91 ug/m3.

Sedangkan kepadatan polutan PM2,5 selama berlangsungnya kegiatan adalah sebagai berikut:

14.00 WIB: 87,26 ug/m3

15.00 WIB: 66,25 ug/m3

16.00 WIB: 56,68 ug/m

17.00 WIB: 47,53 ug/m3

18.00 WIB: 41,85 ug/m3

Cetak Rekor MURI

Selain itu, Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan penghargaan kepada Karnaval Jakarta Langit Biru karena telah membukukan rekor baru dalam buku rekor MURI.

Rekor yang dicetak oleh adalah konvoi kendaraan listrik jenis terbanyak. Jumlah kendaraan yang dihadirkan dalam karnaval tersebut adalah 414 kendaraan listrik dari berbagai jenis.

Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen
Foto: Pemprov DKI Jakarta

Baca Juga: Anies Baswedan Pimpin Konvoi Kendaraan Listrik di Karnaval Jakarta Langit Biru

"Hari ini kami anugerahkan piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk Konvoi Kendaraan Listrik Jenis Terbanyak yang pertama kalinya diselenggarakan di Nusantara ini dianugerahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar CEO MURI Jaya Suprana di Bundaran Senayan, Minggu, (27/10).

Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI dan PT PLN karena telah mewujudkan impiannya yakni menghadirkan mobil listrik di jalanan Ibu Kota.

Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen
Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Kepada Pak Gubernur terima kasih sekali, karena telah memenuhi impian saya, electric car. Terima kasih juga kepada PLN, karena tanpa PLN tidak mungkin terlaksana," ujarnya.

Sedangkan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan ada tiga hal yang menjadi perhatian utama PLN di Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada Minggu 27 Oktober 2019.

Baca Juga: PLN Sediakan 1.922 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di DKI Jakarta

Kegiatan Karnaval Kendaraan Listrik Kurangi Polusi 35,58 Persen
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Tiga hal itu adalah eco living, eco moving, dan eco lifestyle. Hal itu disampaikan Ikhsan di kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru yang digelar di Bundaran Senayan.

"Pertama eco living bagaimana di rumah, rumah kita jadi ramah lingkungan, kita dorong penggunaan solar rooftop. Kedua, eco moving bagaimana kita bergerak menggunakan listrik seperti kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Ketiga, eco lifestyle, kita tahu kehidupan kita pake listrik, kita dorong semuanya menggunakan energi listrik," kata Ikhsan di Bundaran Senayan.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS KEPALA DAERAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait