Kemenkes: 6 WNI yang Tiba di Batam dari Singapura Bukan Suspect Korona | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Okezone

Kemenkes: 6 WNI yang Tiba di Batam dari Singapura Bukan Suspect Korona

Ceknricek.com -- Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa enam Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikabarkan masuk ke wilayah Indonesia dari Singapura bukan suspect atau terduga terjangkit virus korona tipe baru atau novel coronavirus (2019-nCoV).

Hal tersebut diungkapkan Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan setelah enam orang tersbut menjalani pemeriksaan oleh Kementerian kesehatan.

"Mereka dalam keadaan baik, tidak ada keluhan, sehat karena langsung kita periksa," kata Yurianto di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin (10/2).

Melansir Antara, Yurianto menjelaskan menurut protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang suspect suatu penyakit emerging atau jenis baru dilarang untuk bepergian ke luar dari rumah sakit apalagi dari suatu negara ke negara lain.

Menurutnya, orang yang disebut suspect terinfeksi virus korona tipe baru adalah orang yang sakit dengan memiliki gejala seperti penyakit tersebut, dirawat dan diisolasi di rumah sakit, dan diambil sampel dahaknya untuk diperiksa oleh laboratorium.

"Kalau betul suspect, berarti ada protokol WHO yang dilanggar," kata Yurianto.

Lebih lanjut dia menjelaskan keenam WNI tersebut merupakan satu anggota keluarga terdiri dari orang tua, anak dan menantu yang beberapa lama menetap di Singapura.

Baca Juga: Virus Korona, Singapura dan Indonesia

Selain itu, dari keenam WNI tersebut, hanya satu orang yakni orang tuanya yang pernah berkunjung ke China pada tiga minggu yang lalu, di mana belum masuk keadaan darurat virus korona tipe baru.

"Orang tuanya pernah ke China, tiga minggu sebelumnya, (saat itu) belum masuk PHIC dan tidak ke Wuhan. Jaraknya 1.300 km dari Wuhan," kata Yurianto.

Kesehatan keenam WNI tersebut kini masih dalam pemantauan selama 14 hari. Ada tim kesehatan yang mendampingi enam orang tersebut untuk diberikan informasi dan edukasi oleh tim kesehatan mengenai virus korona tipe baru.

Hingga saat ini, laboratorium Badan Litbang Kesehatan Kemenkes telah memeriksa 62 spesimen sampel dahak dari yang diduga terinfeksi virus korona tipe baru. Dari 62 tersebut, 59 orang dinyatakan negatif novel coronavirus.

Sekadar informasi, pada Minggu (9/2), sempat viral mengenai pemberitaan yang menyebut terdapat enam WNI dengan status suspect virus korona telah meninggalkan Singapura menuju Indonesia melalui Kota Batam. Mereka disebut pernah melakukan kontak dengan pasien korona di Singapura.

Di tempat terpisah, Kepala Dinkes Kepri Tjetjep Yudiana memastikan enam WNI yang satu keluarga tersebut sudah diperiksa secara intensif di kediamannya di Tanjungpinang dan dinyatakan dalam kondisi sehat. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait