Kemenkumham Keluarkan SK  Parfi Pimpinan Alicia Djohar | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Kemenkumham Keluarkan SK  Parfi Pimpinan Alicia Djohar

Ceknricek.com—Setelah menunggu selama 6 bulan, Kementerian Hukum dan HAM akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan Tentang Perubahan Badan Hukum Perkumpulan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) atas nama Alicia Djohar dan kawan-kawan. SK dengan Nomor AHU 0000933.AH.01.08.2018 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal AHU Cahyo Rahadian Mochtar, S.H., LLM diterbitkan pada tanggal 21 September 2020.

Dalam surat itu disebutkan, Kemenkumham memberikan persetujuan atas perubahan kepengurusan, pengangkatan kembali, kedudukan, rapat anggota, alamat lengkap perkumpulan Persatuan Artis Film Indonesia disingkat PARFI NPWP: 0254882901 yang berkedudukan di Jakarta Selatan. Hal itu lantaran sudah sesuai dengan database Sistem Administrasi Badan Hukum sebagaimana salinan, sesuai dengan kata nomor 10 tahu 2018 yang diajukan oleh Notaris Tri Widayati, SH, M.Kn.

Dalam lampiran SK Dirjen AHU Kemenkumham tertulis susunan Pengurus PARFI, yakni Alicia Djohar (Ketua Umum), Yungki Gustiranda, SH (Sekretaris Umum), Hj. Evie Rahayu (Bendahara Umum) dan Pong Hardjatmo (Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi).

Sebelum SK ini keluar, PARFI sempat dilanda kemelut yang berkepanjangan. Terakhir pemegang mandat Plt. Ketua Umum DPP PARFI Soultan Saladin sempat membuat Sekretariat Bersama (Sekber) di kantor PARFI, yang terletak di Lt.IV Gedung PPHUI Jl. Rasuna Said Kuningan, Jakarta.

Alicia Djohar (66) sendiri terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) periode 2020-2025 dalam Kongres Parfi (dipercepat) yang digelar di Hotel Maharaja, Jakarta Selasa (10/3/20). Ia mengalahkan Lela Anggraeni dengan 119 suara lawan 83 suara. Alicia kemudian mengumumkan kepengurusan PARFI di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Pemerintah Ngotot Lanjutkan Pilkada, Ini Tanggapan Din Syamsuddin

Tak semua pengurus terpilih bisa hadir mendampingi Alicia Djohar saat mengumumkan kepengurusannya lantaran pandemi virus corona (Covid-19). Hanya beberapa orang yang menduduki posisi penting, di antaranya Pong Hardjatmo sebagai Ketua DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) dan Ricky Hosada sebagai anggota. Kemudian Wakil Bendahara Umum Evie Singh serta Aspar Paturusi, sebagai anggota kehormatan.

Persatuan Artis Film Indonesia didirikan pada awal bulan Maret 1956 dalam kongres yang diadakan para pemain dan pekerja film. Para tokohnya yang mendirikan pada saat itu adalah Usmar Ismail dan Djamaludin Malik.

Keinginan para artis untuk membentuk organisasi profesi sudah ada sejak tahun 1940, saat dibentuk Sari (Sarikat Artist Indonesia). Mereka yang menjadi anggota Sari adalah pemain sandiwara, penari, sutradara, penyanyi hingga pelukis.

Pada tahun 1951, lahir Persafi (Persatuan Artis Film dan Sandiwara Indonesia). Ini adalah wadah lanjutan dari Sari, meski selanjutnya terjadi pula kemandulan, sebelum kemudian lahirlah Parfi pada tahun 1956. Kongres Pertama embrio Parfi diadakan di Manggarai pada tahun 1953.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait