Foto: Doc. Kemenlu

Kemenlu Pertemukan Pelaku Industri Kreatif Indonesia dan Prancis

Ceknricek.com -- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bersama KBRI Paris, didukung Badan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, Badan Perfilman Indonesia, Kedubes Prancis, Institut Prancis Indonesia, Steinberg Protocol, menyelenggarakan “Creative Talk: Learning from the Indonesian and French Digital Industry and Cinematography”, di Kantin Diplomasi Kemenlu, Jakarta, Kamis (22/8).

Kegiatan itu mempertemukan para pelaku industri kreatif Indonesia dan Prancis untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, tidak hanya mengenai kerja sama kedua negara yang telah berjalan, namun juga peluang kerja sama baru serta potensi kerja sama ke depan.

Pada kunjungan Presiden Prancis ke Indonesia Maret 2017, telah diluncurkan pernyataan bersama mengenai Ekonomi Kreatif Indonesia dan Prancis. Kesepakatan tersebut telah meletakkan landasan kerja sama bidang ekonomi kreatif antara kedua negara, khususnya di bidang industri digital dan perfilman.

Duta Besar RI untuk Republik Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir, DCM Kedubes Prancis Charles-Henri Brosseau, dan Direktur Hubungan Antar Lembaga Luar Negeri Bekraf Kartika Candra telah memberikan gambaran kerja sama ekonomi kreatif Indonesia dan Prancis dan peran pentingnya sebagai sektor potensial dalam mendorong peningkatan angka perekonomian nasional.

Foto: Doc. Kemenlu

Baca Juga: Presiden Jokowi Berharap Kegiatan ASEAN Dilaksanakan di Kantor Sekretariat yang Baru

Disepakati bahwa kerja sama ekonomi kreatif akan menjadi salah satu highlight dalam peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 2020.

Turut hadir sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan industri digital dan sinematografi, stakeholders dan praktisi industri kreatif Indonesia dan Prancis di antaranya Hadi Ismanto ADGI, Dimas Jayasrana BPI, Desainer Indonesia Sebastian Gunawan, Fotografer Prancis Marius Moragues, Sutradara Film Indonesia Mouly Surya, Produser Film Indonesia Rama Adi dan Fauzan Zidni, serta Atase Audio Visual IFI Matthieu de Faucal.

Melalui diskusi yang berlangsung secara interaktif, kegiatan ini telah menggali berbagai kemungkinan bentuk kerja sama kedua negara, di hadapan sekitar 150 peserta dari kalangan milenials yang berkecimpung di sektor ekonomi kreatif.

Kegiatan ini juga memberikan berbagai masukan untuk menyusun program-program konkret guna mendukung pengembangan sektor ekonomi kreatif Indonesia. Creative Talk telah mendorong upaya peningkatan kontak antar pelaku industri kreatif kedua negara guna membuka peluang kerja sama yang lebih luas.

Pada Creative Talk telah diluncurkan pula platform bagi para stakeholders dan praktisi industrI kreatif untuk memberikan masukan bagi kolaborasi baru di sektor ekonomi kreatif dan gagasan dalam penentuan tema peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Prancis pada tahun 2020, serta konsep program kerja sama yang kiranya dapat dijadikan showcase pada peringatan dimaksud.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait