Foto: Setneg

Presiden Jokowi Berharap Kegiatan ASEAN Dilaksanakan di Kantor Sekretariat yang Baru

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kegiatan yang berkaitan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) bisa dilaksanakan di gedung Sekretariat ASEAN yang baru. Keinginan itu disampaikan Presiden Jokowi di hadapan para menteri luar negeri (Menlu) negara-negara ASEAN saat peresmian gedung Sekretariat ASEAN, Kamis (8/8).

Menurut Jokowi, gedung baru sekretariat ASEAN di Jalan Sisingamaraja, Jakarta Selatan itu, mencerminkan semangat baru ASEAN, The New ASEAN.

“Saya masih ingat lama berdiskusi dengan Wakil Sekjen ASEAN dan topik bahasannya mengenai penggunaan gedung lama Wali Kota Jakarta Selatan untuk perluasan gedung Sekretariat ASEAN. Saya sadar betul bahwa gedung ini sangat diperlukan oleh ASEAN, untuk menunjang misinya ke depan,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong DKI Jakarta Beri Insentif Mobil Listrik

Jokowi berharap ke depan sebagian besar kegiatan ASEAN sudah selayaknya dapat dilakukan di gedung tersebut. Langkah ini akan mengurangi secara biaya perjalanan yang harus dikeluarkan terutama oleh Sekretariat ASEAN dan juga para wakil tetap ASEAN. Dengan demikian, uang perjalanan yang dialokasikan selama ini dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat bagi kegiatan ASEAN lainnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain para Menlu Negara ASEAN, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, sejumlah duta besar negara sahabat, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.




Berita Terkait