Kemensos Umumkan Seleksi Terbuka Calon Anggota Komisioner KND | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Kemensos Umumkan Seleksi Terbuka Calon Anggota Komisioner KND

Ceknricek.com -- Kementrian Sosial menyelenggarakan seleksi terbuka calon komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND) dengan mengundang putra putri terbaik Indonesia dari kalangan penyandang disabilitas maupun non disabilitas.

Ketua Panitia Seleksi Terbuka Komisioner KND, Harry Hikmat mengatakan, KND sebagai lembaga nonstruktural yang bersifat independen seleksi terbuka calon komisioner KND resmi diumumkan melalui Press Conference yang digelar Kementerian Sosial sebagai lembaga penanggung jawab (focal point).

“Pembentukan KND berdasarkan atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020. KND dibentuk dalam rangka penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” ujar Harruy dalam siaran tertulis yang diterima, Senin (21/12/20).

Menurut Harry, KND mempunyai tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi, advokasi pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak  Penyandang Disabilitas.
Selain itu, KND merupakan wujud dari upaya implementasi dan pemantauan nasional terhadap Convention of The Right of Person With Disabilities (CRPD).

“Berdasarkan pasal 7 dan pasal 13 Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020, akan dipilih 7 anggota Komisioner KND, terdiri dari 4 anggota  yang mewakili ragam disabilitas dan 3 anggota dari non disabilitas,” imbuhnya.

Dikutip dari laman kemsos.go.id, panitia seleksi KND terdiri dari akademisi, profesionalitas hingga penyandang disabilitas  serta tokoh masyarakat seperti, Harkristuti Harkrisnowo, Angkie Yudistia, Sinta Nuriyah Wahid dan Siswadi, seorang praktisi dan penyandang disabilitas fisik.

"Kami bekerja secara sungguh-sungguh dan intensif untuk memastikan proses seleksi berjalan transparan, objektif dan betul-betul memperhatikan aspirasi dari penyandang disabilitas," ujar Harry.

Ketentuan dan pengumuman pendaftaran seleksi KND sendiri  dapat dilihat melalui situs www.seleksiknd.kemensos.go.id, media cetak, media online dan media massa mulai tanggal 21 Desember 2020.

Baca juga: Balai Melati Gelar Moneva Program Evaluasi Atensi Tahun 2020

Baca juga: Mensos: Penyandang Disabilitas Punya Hak yang Sama dan Dijamin Undang-Undang



Berita Terkait