Kepala PPATK Kiagus Badaruddin Menutup Mata | Cek&Ricek
Foto: Antara

Kepala PPATK Kiagus Badaruddin Menutup Mata

Ceknricek.com -- Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin dikabarkan meninggal dunia. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari.

Kiagus meninggal di usia 62 tahun. Ia merupakan pria kelahiran Palembang, 29 Maret 1957. Dari penelusuran Ceknricek.com, Kiagus meraih gelar Diploma III Ekonomi Perusahaan dan S-1 ekonomi Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang. Gelar Sarjana Ekonomi diraihnya tahun 1986.

Kiagus lalu menempuh pendidikan S2 di University of Illinois at Urbana-Champaign dan mendapatkan gelar Master of Science pada tahun 1991. Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak tamat SMA tahun 1977, dimulai dari posisi pelaksana hingga menduduki berbagai jabatan lainnya. 

Pada tahun 2003 Kiagus diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selanjutnya pada tahun 2006 kembali ke Kementerian Keuangan dengan menjabat sebagai Direktur Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan. 

Baca juga: Mulai 2020, Fintech Wajib Melaporkan Keuangan ke PPATK

Setelah itu, Kiagus dipercaya menduduki jabatan Direktur Pelaksanaan Anggaran sejak tahun 2008 hingga 2009 di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Ki Agus lalu dilantik menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan di tahun 2009.

Pada Januari 2011, Kiagus menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara hingga ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Pada tanggal 13 Januari 2012 ditetapkan sebagai Sekjen Kementerian Keuangan, dan pada 1 Juli 2015 dilantik menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan.

Pada 26 Agustus 2016, ia dilantik menjadi Kepala PPATK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia juga pernah dianugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX oleh Presiden RI atas pengabdiannya kepada negara. Selain di pemerintahan, Kiagus juga pernah mendapatkan amanah sebagai Komisaris di PT Perusahaan Gas Negara dan Bank Negara Indonesia.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait