KKB Turun Gunung, 614 Warga dari Tembagapura Mengungsi ke Timika | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

KKB Turun Gunung, 614 Warga dari Tembagapura Mengungsi ke Timika

Ceknricek.com -- Ratusan warga Kampung Kimbeli di wilayah Distrik Tembagapura memutuskan meninggalkan kampung. Warga bahkan minta dievakuasi ke Timika untuk menyelamatkan diri dari ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Salah seorang warga Kampung Kimbeli, Septinus Magal mengatakan, situasi dan kondisi di kampungnya sudah tidak aman lagi. Sejak kedatangan KKB beberapa hari lalu, barang maupun bahan kebutuhan pokok diambil secara paksa oleh KKB. 

Baca Juga : Kapolri Sebut Serangan di Deiyai Didalangi KKB Paniai

"Kami di kampung sudah tidak aman, jadi kami kasih tinggal kampung untuk keselamatan nyawa kami. Selain itu bahan makanan kami juga sudah tidak ada, sehingga kami akan ke Timika untuk tinggal di rumah keluarga," kata Septinus, Minggu (8/3/2020).

Septinus bersama 240 warga Kampung Kimbeli kini sudah berada di Kantor SLD PT Freeport Indonesia di Tembagapura untuk menunggu bus jemputan yang akan mengantar mereka ke Timika pada Minggu petang ini.

Selain dari Kampung Kimbeli, ada ratusan warga lainnya dari Kampung Banti 1, Banti 2, dan Opitawak yang juga bergabung di Kantor SLD PT Freeport Indonesia. Total terdapat 614 jiwa warga empat kampung itu yang hendak dievakuasi ke Timika. Septinus mengatakan rata-rata warga yang minta dievakuasi ke Timika itu hanya membawa pakaian seadanya.

 

 



Berita Terkait