KLHK Klaim Telah Restorasi 3,2 Juta Hektare Lahan Gambut | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

KLHK Klaim Telah Restorasi 3,2 Juta Hektare Lahan Gambut

Ceknricek.com -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim telah merampungkan total 3,2 juta hektare program restorasi lahan gambut yang mengalami kerusakan akibat kebakaran.

"Selama 2016 sampai sekarang, lahan gambut yang sudah diperbaiki dengan mengendalikan konsesi, swasta, dunia usaha, penegakan hukum, menjaga dan membimbing masyarakat sudah selesai sekitar 3,2 juta hektare," kata Menteri LHK Siti Nurbaya saat menghadiri Kick Off Penanaman Mangrove di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten, Rabu, (3/3/21) dikutip dari Antara.

Kerusakan lahan gambut tersebut tersebar di tujuh provinsi di antaranya Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Siti mengemukakan kerusakan dipicu oleh peristiwa kebakaran hebat yang melanda kawasan tersebut pada 2015.

Sejak 2016, Presiden menginstruksikan percepatan rehabilitasi lahan gambut melalui pembentukan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

"Pola kerjanya ada Badan Restorasi Gambut, tetapi pengendalian kebijakan ada di Kementerian LHK. Kita tangani dengan pendekatan regulasi, kemudian dilakukan bersama masyarakat, dunia usaha dan ada penegakan hukumnya," katanya.

Meskipun restorasi 3,2 juta lahan gambut telah rampung sejak Desember 2020, kata Siti, tetapi seluruh pihak memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian.

"Karena setiap tahun selalu ada peluang untuk gambut terbakar," katanya.

Baca juga: Kementerian KLHK: Butuh 60 Tahun Pulihkan Lahan Kritis Indonesia

Baca juga: 40 Hektare Lahan Gambut di Pontianak Terbakar Sepanjang 2021


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait