Kongres PAN Ricuh Sebelum Resmi Dibuka | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Kongres PAN Ricuh Sebelum Resmi Dibuka

Ceknricek.com -- Arena Kongres Ke-V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara sempat ricuh ketika sekelompok orang meminta panitia menghentikan proses pendaftaran peserta kongres yang seharusnya ditutup pukul 12.00 WITA, Senin (10/2).

Menurut rencana, kongres partai berlambang matahari itu resmi dibuka pada pukul 19.00 WIB. Salah satu agenda acara itu adalah pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025. "Tutup segera pendaftarannya, kami minta segera ditutup karena sudah melewati batas waktu," kata sejumlah orang.

Antara melaporkan, semula kelompok orang yang ada di lantai dasar Hotel Claro itu, tiba-tiba naik ke lantai 2 tempat pendaftaran peserta kongres. Mereka berteriak bahwa pendaftaran peserta seharusnya hanya dilakukan sejak pukul 08.00-12.00 WITA namun hingga sekitar pukul 14.30 WITA pendaftaran peserta masih dibuka oleh panitia.

Aksi saling dorong pun tak terhindarkan. Sejumlah orang itu kemudian mengancam akan memboikot Kongres ke-V PAN bila panitia tidak segera menutup proses registrasi peserta.

Kandidat ketua umum Mulfachri Harahap menganggap riak-riak kecil merupakan hal biasa dalam acara seperti kongres partai. Menurutnya, hal yang biasa bila satu atau dua piring pecah dalam sebuah acara besar.

Baca Juga: Periodesasi dan Kongres PAN

"Bahwa ada riak-riak kecil seperti yang teman-teman dengar, itu sesuatu yang wajar menurut saya. Seperti yang saya sampaikan berkali-kali, dalam sebuah pesta besar kalau ada satu dua piring pecah, saya kira itu hal yang wajar dan tidak merusak kemeriahan pesta," kata Mulfachri. 

Namun begitu, dia berharap Kongres ke-V PAN bisa berjalan dengan lancar, sukses dan tanpa menghadapi kendala. Ia juga meminta agar media dapat mengambil peran dalam menyukseskan Kongres ke-V PAN. "Tentu kita berharap kongres ini bisa berjalan dengan lancar, sukses tanpa kendala apapun," kata Mulfachri.

Hingga saat ini, baru tiga dari empat orang yang dikabarkan akan bertarung di bursa calon ketua umum (caketum) PAN periode 2020-2025. Mereka adalah Asman Abnur, Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo.

Sementara bakal caketum petahana PAN Zulkifli Hasan belum melakukan pendaftaran secara resmi hingga saat ini. Begitu pun putra Amien Rais, Hanafi Rais yang dikabarkan tidak ingin mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum.

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait