Lewat lirik Sederhana, The Kaos Mencoba Memotret Fenomena Sosial Lewat Single Jiwa Yang Lara | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Lewat lirik Sederhana, The Kaos Mencoba Memotret Fenomena Sosial Lewat Single Jiwa Yang Lara

Ceknricek.com -- Lagu ini menyentil, betapa saat ini begitu marak dan mudahnya gesekan terjadi hanya karena secuil perbedaan. Banyak yang merasa paling benar, paling tahu, dan paling hebat. Seolah lupa, bila kebenaran yang sejati hanyalah milik Tuhan.

Terbentuk belum lama, pada awal 2021, personil The Kaos awalnya terdiri dari Bambang Setiawan (drum), Danan Jaya (vocal), Agus (gitar), Aziz Prastowo (gitar), dan Iman Harfinsyah (gitar/bas). Namun, pada saat menjalani proses mastering, Aziz, karena ada kesibukan lain, menyatakan mengundurkan diri.

Dalam proses recording akhirnya masuklah Dean Septiadi. “Memang sayang, sih, padahal udah mau rilis. Tapi, ya, mau bagaimana lagi. Yang pasti kita semua baik-baik saja, nggak ada masalah,” kata Bambang (Mbenk).

Masa pandemi, tidak bisa dipungkiri, menjadi salah satu hambatan, terutama saat harus ketemuan. Maklum, pada awal-awal terbentuk, pembatasan aktivitas sosial masih sangat ketat. Tapi, bukan berarti pandemi menghalangi proses kreatif.

“Ya, kita mengandalkan WA (whatsup) aja,” kata Danan Jaya (DJ), “Mulai dari penulisan lirik, membuat guide instrumen, vocal, semua lewat WA.”

Ada sekitar lima materi mentah yang dikumpulkan, hingga akhirnya dipilih Jiwa Yang Lara. Alasannya, ya, itu tadi. Sederhana, mudah dicerna, dan sesuai dengan keadaan sosial saat ini. Dimana semakin banyak orang merasa paling benar, sehingga yang timbul akhirnya malah hoax dimana-mana.

Terwujudnya The Kaos hingga akhirnya rilis Jiwa Yang Lara tidak lepas dari peran besar Nyonk “Kunci” dan Ade “Kunci”. Dua pentolan grup band Kunci yang tidak pernah bosan memecut semangat anak-anak The Kaos untuk rekaman dan meluncurkan karya. Bahkan, Nyonk menyediakan studionya, Loteng Musik, sebagai workshop untuk terus berkarya.

Sentuhan aransemen Nyok juga yang akhirnya ikut mewarnai lagu Jiwa Yang Lara. Jiwa Yang Lara sudah bisa disimak lewat Youtube dan kanal-kanal musik digital Semoga single ini bisa diterima penikmat musik Indonesia. Minimal, ijinkan The Kaos ikut serta dalam berkarya.



Berita Terkait