Ilustrasi: Tim Ilustrator Ceknricek.com

Lika-liku Gesits dan Esemka Karya Anak Bangsa

Ceknricek.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menyampaikan sepeda motor listrik Gesits akan diproduksi secara massal pada Januari 2019.

Sepeda motor listrik produksi dalam negeri ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Nama Gesit adalah kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Gesits akan diproduksi di pabrik PT Wika Industri dan Konstruksi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan uji coba prototype motor Gesits di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 7 November 2018. Ia sangat banggga dengan karya anak bangsa satu ini, bahkan berjanji ingin membeli 100 unit.

“Ini kalau sudah diproduksi saya pembeli pertama. Saya akan beli 100. Serius gimana,” ucap Jokowi waktu itu.

Jauh sebelum pemberitaan tentang motor Gesits, ada mobil buatan anak bangsa yang ramai diperbincangkan. Mobil itu bernama Esemka yang dinaikkan pamornya oleh Jokowi di tahun 2012. Meskipun belum diproduksi massal, Esemka mendapatkan pesanan hingga 6.000 unit setelah dipakai Jokowi yang saat itu menjabat Wali Kota Solo.

Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin pernah menyebutkan bahwa mobil Esemka yang dirintis Jokowi akan diluncurkan bulan Oktober 2018.

Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran,” ucapnya di Pondok Pesantren Nurul Islam, Jember, Kamis (27/09).

Gesits dan Esemka sebenarnya mewakili harapan masyarakat Indonesia yang menginginkan kendaraan produksi anak bangsa. Semoga dapat cepat terwujud agar Indonesia semakin jaya.

"Esemka dan Gesit buatan Indonesia

Bolehlah kita merasa bahagia

Bicara motor mobil jangan kepanjangan

Chiko Ricko sampai lupa kewajiban"

Baca komik dan kisah lainnya pada #ChikoDanRicko