Lima Manfaat Mengonsumsi Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istockphoto

Lima Manfaat Mengonsumsi Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh

Ceknricek.com -- Buah kiwi (Actinidia deliciosa) berasal dari dataran tiongkok yang memiliki warna coklat pada kulitnya, serta daging buahnya berwarna kehijauan. Buah ini memiliki rasa manis, asam, dan menyegarkan serta termasuk salah satu superfood yang memiliki kandungan gizi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

 Manfaat Mengonsumsi Buah Kiwi
Sumber: Istimewa

Untuk itu, diartikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat yang akan didapatkan dari mengonsumsi buah kiwi bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, berikut lima manfaat mengonsumsi buah kiwi.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture, menjelaskan bahwa pada satu buah kiwi dengan berat 69 gr mengandung vitamin C sebesar 64 mg yang akan memenuhi sebesar 71-85 % dari total kebutuhan harian.

Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen, komponen kunci dalam sel dan organ kulit, serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyembuhan luka. Sebuah studi dari Journal of Drugs in Dermatology juga ikut menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi buah kiwi akan memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan kulit, meskipun efeknya tidak sama dengan mengonsumsi suplemen kolagen secara langsung.

Buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin E atau tokoferol. Vitamin E merupakan jenis antioksidan yang berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, serta mencegah timbulnya gangguan kulit.

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Buah Kiwi mengandung serat, kalium, dan antioksidan, yang semuanya berperan dalam kesehatan jantung. Pada satu buah kiwi mengandung sekitar 215 mg kalium yang memenuhi sekitar 5 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa.

Pada kasus tekanan darah tinggi, kalium berperan dalam melemaskan pembuluh darah, sehingga akan membantu menormalkan kembali tekanan darah. Sedangkan peran serat dan antioksidan akan membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah yang juga berhubungan dengan timbulnya penyakit kardiovaskular.

3. Melancarkan Pencernaan

Berdasarkan penelitian dari Alimentary Pharmacology & Therapeutics menemukan fakta bahwa dengan mengonsumsi buah kiwi dapat membantu melunakkan feses sehingga mencegah terjadinya sembelit. Selain itu para peneliti juga menyatakan bahwa kiwi dapat menjadi pencahar alami pada kondisi sembelit ringan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah kiwi mengandung kalsium, fosfor, serta vitamin K yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu vitamin K juga berperan dalam melindungi tulang dari penyakit osteoporosis. Kandungan vitamin K pada satu buah kiwi, yaitu sebesar 27,8 mcg dapat memenuhi hingga 20-30 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa.

5. Mencegah Kanker

Buah kiwi mengandung antioksidan berupa vitamin C, lutein dan zeaxanthin, beta karoten, serta mengandung serat yang mampu mencegah serangan radikal bebas pemicu utama kanker, terutama kanker kolorektal.

Baca juga: Lima Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait