Manfaat Penting Bermain Imajinasi Untuk Anak-Anak | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto : thenewageparents.com

Manfaat Penting Bermain Imajinasi Untuk Anak-Anak

Ceknricek.com - Bermain adalah proses belajar dengan aktivitas yang menyenangkan. Berbagai manfaat bisa didapat dari bermain, terutama tumbuh kembang anak.

Seperti permainan imajinasi yang mulai muncul di usia 18 bulan dan sering dilakukan ketika anak berusia 3 tahun.

Hal tersebut dijelaskan psikolog pendidikan, Binky Paramitha. Menurut dia, permainan imajinatif memiliki dampak terbesar pada pengembangan keterampilan, dan menjadi kunci yang penting bagi keberhasilan anak-anak dengan temannya.

“Banyak manfaat dalam bermain imajinasi pada anak, meningkatkan aspek kognitif, kemampuan berbahasa serta kemampuan anak mengoptimalkan aspek sosial emosional pada dirinya”, kata Bingky Paramitha L, M.Psi dalam acara Early Learning Center dengan campaign ‘The Power of Play in Alpha Generation’ di Siku Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Sumber : YuniArthaS/Ceknricek.com

Permainan imajinasi menekankan pada nilai bermain dengan boneka dan tokoh aksi mainan. Bentuk mainan tersebut mendorong anak-anak untuk belajar bagaimana berinteraksi secara sosial.

“Juga mengembangkan isyarat sosial dengan bereksperimen dengan kontak mata, menggunakan nada dan emosi yang berbeda”, tambahnya.

Dari permainan imajinasi anak-anak juga belajar melakukan percakapan dan juga membayangkan tanggapan-tanggapan saat bermain dengan boneka atau tokoh figur mainan lainnya.



Berita Terkait