Massa Buruh GPMI Gelar Aksi Bela Palestina di Kantor PBB Jakarta | Cek&Ricek
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Massa Buruh GPMI Gelar Aksi Bela Palestina di Kantor PBB Jakarta

Ceknricek.com -- Sejumlah elemen masyarakat dan buruh yang tergabung dalam Gerakan Pekerja Muslim Indonesia (GPMI) melakukan aksi di depan gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jakarta. Massa berunjuk rasa untuk membela Palestina.

Dari pantauan di lapangan, Jumat (28/5/21) sekitar pukul 10.00 WIB, massa buruh GPMI sudah berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wijaya sebelum melakukan aksi.

Mereka terlihat membawa spanduk bertulisan 'Indonesia Worker Solidarity for Free Palestine' dan bendera Palestina serta spanduk 'PBB/UN Harus memberikan Sangsi yang Tegas Atas Agresi Militer Zionis Israel'.

Massa Buruh GPMI Gelar Aksi Bela Palestina di Kantor PBB Jakarta
Foto: Ashar/Ceknricek.com

“Aksi hari ini (kita lakukan) ke Kedubes Amerika, gedung perwakilan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang ada di Jakarta dan sekaligus nanti karena gedungnya berdekatan Kedubes Prancis," jelas Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz, yang juga merupakan Presidium GPMI.

Sekitar pukul 10.20 WIB, massa bergerak untuk melakukan long march ke gedung PBB di Jalan MH Thamrin. Polisi pun membuka jalan agar massa bisa melintas.

Kendaraan ditahan sebentar sampai massa lewat. Massa berjalan ke Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI atau menuju kantor PBB. Polisi pun mengarahkan massa ke jalur bus TransJakarta.

Massa Buruh GPMI Gelar Aksi Bela Palestina di Kantor PBB Jakarta
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Sejumlah petugas kepolisian mengawal long march massa ini dengan sepeda motor. Setelah massa buruh masuk ke jalur busway, kendaraan dapat kembali melintas.

Rencananya, setelah ke kantor PBB di MH Thamrin, Jakpus, mereka akan lanjut ke Kedubes Prancis, lalu ke Patung Kuda titik kumpul sebelum ke Kedubes AS. Setelah salat Jumat, mereka akan menggelar aksi di Kedubes Amerika Serikat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah menyiagakan ribuan personel untuk menjaga aksi unjuk rasa mendukung Palestina, Jumat (28/5).

"2.382 personel gabungan disiapkan," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (28/5/21).

Baca juga: Ribuan Warga Pakistan Turun ke Jalan Dukung Rakyat Palestina



Berita Terkait