Foto: Ashar/Ceknricek.com

Melihat Indahnya Perpaduan Pantun dan Seni di Kampung Si Pitung

Ceknricek.com -- Kampung Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat, terlihat berbeda dari biasanya. Warga tampak antusias menyaksikan Festival Kebudayaan Betawi, Rawa Belong 2019 yang resmi dibuka, Sabtu (12/10) pagi. Berbagai pertunjukan perpaduan pantun dan silat dipertontonkan dalam acara yang dihelat di kampung asal pahlawan Betawi, Si Pitung itu. Festival diselenggarakan dari pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 22.30 WIB.

Sekjen Kampung Silat Rawa Belong Haji Harris Prosa, sekaligus ketua panitia pelaksana Festival ini mengatakan kegiatan ini menghadirkan ratusan perguruan pencak silat Betawi se-Jabodetabek.

"Acara ini digelar dengan tujuan melestarikan kebudayaan Betawi, khususnya ilmu bela diri tradisionalnya pencak silat, khas Betawi. Apalagi, Rawa Belong memiliki sejarah panjang tentang Silat Betawi," ujarnya.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Harris mengatakan sesuai agenda, acara diisi dengan pertunjukan silat dari pagi hingga sore hari. Selain menampilkan pertunjukan silat, festival ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan tari tradisional, lenong, dan musik khas Betawi yang digelar pada malam hari.  

Baca Juga: Mengenal Silat Beksi Asli Betawi

Ke depannya, festival yang pertama kali digelar di Kampung Rawa Belong ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan. 

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Festival ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi pesilat dan pelestari budaya Betawi. Kampung Rawa Belong menjadi tolak ukur ilmu bela diri silat. Karenanya, kegiatan ini didukung Jawara Betawi HK Damin Sada," kata Harris. 

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Bicara Betawi tidak bisa dipisahkan dengan Rawa Belong. Sebab, pahlawan Betawi, Si Pitung berasal dari sini. Saya bahagia, semoga acara ini bisa diselenggarakan lagi, lebih meriah dan ramai," katanya. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait