Melihat Koleksi "Kabinet Keingintahuan" di Theatrum Mundi Italia | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Melihat Koleksi "Kabinet Keingintahuan" di Theatrum Mundi Italia

Ceknricek.com -- Di jantung kota Arezzo, Italia yang bersejarah, ada galeri seni unik bernama Theatrum Mundi, "kabinet keingintahuan" abad ke-21 yang didirikan oleh Luca Cableri pada 2015. Galeri ini terletak di distrik barang antik paling dinamis di Tuscany. 

Dilansir dari Atlasobscura, Jumat (29/11), dengan karier yang bergengsi di dunia seni dan hasrat pribadi terhadap hal di luar nalar, Cableri memutuskan untuk membuat tradisi lama wunderkammer (lemari keingintahuan) hidup kembali. 

Ia pun melakukan pendekatan terbaiknya dengan menampilkan potongan-potongan dari eksplorasi ruang angkasa dan beberapa film fantasi serta fiksi ilmiah paling terkenal dalam dekade terakhir.

Hasilnya, ia menyulap galeri bekas teater pada abad ke-16 dengan kubah megah yang menggambarkan pertempuran yang dilukis oleh Teofilo Torri, rekan dekat seniman Giorgio Vasari. 

Foto: Istimewa

Di dalam bangunan yang kemudian disulap itu, pengunjung dapat mengagumi harta karun yang menarik dari koleksi alam, perangkat ilmiah langka dan beberapa artefak dari sejarah manusia dan geologi. 

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Pulau Edam, Kepulauan Seribu

Tujuan Cableri adalah menciptakan refleksi universal dari era saat ini dan masa lalu, dimana ia bekerja sama dengan tim arsitek, sejarawan, ahli paleontologi dan fotografer terkemuka.

Di antara potongan yang ditampilkan di galeri antara lain; dua tengkorak Dinosaurus Triceratops, Pterodactyl yang tengah bertarung, prasasti dari kerajaan Ramses II, Pra-Columbus, Inuit, objek erotis dan sulap Papua, serta kostum asli dari film seperti Star Wars, Alien, Batman dan The Mask.

Foto: Istimewa

Minat Cableri pun sepertinya telah melampaui planet bumi. Dia menciptakan "Space Cabinet of Curiosities" demi memperingati 50 tahun pendaratan Apollo di bulan. Pameran luar angkasa ini mencakup pakaian luar Soviet dan Rusia asli, pecahan batu bulan dan meteorit Mars dan astrolab kuno dan teleskop.

Terlepas dari aktivitas komersial dan koleksinya yang tidak terbatas, galeri ini turut berpartisipasi dalam pameran seni di seluruh Eropa serta menyelenggarakan makan malam eksklusif hingga pesta-pesta di mana para tamu dapat mendekati dan bahkan menyentuh koleksi Theatrum Mundi.

Foto: Istimewa

Galeri ini telah telah merilis setidaknya tiga buku tentang pameran yang didukung oleh otoritas budaya setempat di Arezzo. Tujuan Cableri memang menyelenggarakan pameran dengan fokus pada subjek yang berbeda setiap tahunnya.

Berkat imajinasinya yang menakjubkan dan komitmen untuk membangun mimpi hidupnya, Cableri berharap wisatawan akan selalu datang melihat keajaiban yang terjadi di Theatrum Mundi. Bila berminat mengunjungi Theatrum Mundi, Anda harus membuat janji terlebih dahulu, dengan mendaftar secara online atau meneleponnya.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait