Foto : Twitter @UEFAEURO

Menang Penalti, Inggris Peringkat Tiga UEFA Nations League 

Ceknricek.com -- Inggris menjadi peringkat ketiga dalam gelaran UEFA Nations League 2019 setelah mengalahkan Swiss, 6-5, dalam adu penalti. Pertandingan yang berlangsung di Stadion D. Alfonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Minggu (9/6) waktu setempat. 

Inggris tampil mendominasi dengan catatan 60% penguasaan bola sedangkan Swiss hanya memiliki 40%. Namun, hingga dua kali 45 menit kedudukan imbang menghiasi laga mereka.

Foto : Twitter @UEFAEURO

Inggris membuka peluang pada menit pertama di awal babak. Menerima umpan jauh kiper Inggris, Jordan Pickford, Kane menggiring bola kedalam kotak penalti dan melepaskan tembakan gantung yang sudah tidak dapat dijangkau kiper Swiss, Yann Sommer. Sayang, tendangan Kane hanya menerpa mistar gawang Swiss.  

Swiss membalas dengan peluang yang dimiliki Freuler. Pada menit ke-10, Freuler yang menerima umpan panjang lantas melepaskan tembakan first time yang masih bisa dikuasai Jordan Pickford.  

Raheem Sterling nyaris membawa Inggris membuka keunggulan. Pada menit ke-14, ia yang menerima umpan Hary Kane di sisi kanan pertahanan Swiss melepaskan tembakan yang masih dapat dimentahkan kiper Swiss, Sommer.  

Inggris kembali menuai peluang matang di menit ke-35. Delle Alli sukses memanfaatkan umpan terkur bek kanan Liverpool, Alexander-Arnold. Umpan terukur Arnold berhasil ditanduk Alli yang masih melambung di atas mistar gawang Swiss. Hingga peluit babak pertama dibunyikan kedudukan 0-0 tidak berubah bagi kedua tim.

  Foto : Twitter @UEFAEURO

Swiss hampir kebobolan di awal babak kedua. Berawal dari tusukan Danny Rose di sisi kiri pertahanan Swiss yang kemudian mengirimkan umpan ke kotak penalti. Umpan Rose yang hendak dihalau oleh Fabian Schar justru membelokan bola ke arah gawangnya sendiri. Beruntung bola masih diselamatkan oleh mistar gawang. 

Swiss balik menekan Inggris. Pada menit ke-56, Xherdan Xhaqiri yang menusuk ke pertahanan Inggris kemudian melepaskan umpan tarik kepada Grani Xhaka yang berdiri bebas. Xhaka kemudian melepaskan tembakan keras yang masih dapat dimentahkan Pickford. 

Inggris sebenarnya sukses mencetak gol di menit ke-86. Callum Wilson yang masuk di babak kedua berhasil memecah kebuntuan Inggris. Memanfaatkan kemelut, Wilson sukses merobek gawang Swiss. Sayang, gol tersebut dianulir karena VAR menyatakan Wilson terlebih dahulu melanggar Manuel Akanji.  

Hingga peluit panjang dibunyikan kedudukan tetap sama kuat 0-0 bagi kedua tim. Hasil ini pun memaksa laga harus diteruskan ke babak perpanjangan waktu.

Foto : Twitter @UEFAEURO

Inggris memiliki peluang emas di menit ke-99. Berawal dari umpan Arnold yang sukses ditanduk oleh Alli, bola tandukannya masih bisa dimentahkan Sommer. Bola liar kembali disambar Sterling yang juga masih bisa dimentahkan oleh penyelamatan gemilang Sommer.  

Sterling kembali memiliki peluang manis ketika tendangan bebasnya di menit ke-116 sudah mampu melewati barisan pagar hidup Swiss namun masih dimentahkan oleh mistar atas gawang Swiss.  

Tidak kunjung tercipta gol hingga dua kali babak perpanjangan waktu bergulir, laga kemudian berlanjut ke babak adu penalti.  

Pada babak itu, enam penendang Inggris sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedangkan bagi Swiss, Josip Dermic yang menjadi algojo kelima gagal ketika tendangannya mampu dihalau Jordan Pickford.  

Dengan hasil ini, Inggris berhak menempati posisi ketiga pada ajang UEFA Nations League 2019.



Berita Terkait