Sumber Foto: orami.co.id

Mencegah Anak Dari Dampak Negatif Gadget

Ceknricek.comGadget para era digital seperti ini merupakan benda yang sudah tidak bisa dipisahkan dari aktifitas sehari-hari. Dari mencari informasi, bermain game hingga mencari hiburan.

Dampak yang ditimbulkan berbagai macam, dari positif hingga dampak negatif yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. Pengawasan penggunaan gadget sangat penting, apalagi kini penggunaan gadget sudah tak dibatasi umur dan waktu. Sebagai orang tua, kita patut untuk menjaga serta mengawasi kegiatan anak dalam mengoperasikan gadget, jangan sampai penggunaanya dapat menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

"Gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus-menerus menggunakan gadget dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat," kata Cindy dihubungi di Jakarta, dikutip dari AntaraNews, Selasa (23/1/2018).

Untuk melakukan perlindungan anak dari bahaya penggunaan internet, beberapa instansi yang kompeten dan concern pada perlindungan anak yang tergabung untuk menjalin sebuah kerjasama dengan menggagas sebuah program bernama Indonesia Child Online Protection (ID-COP). Program yang bertujuan untuk melindungi anak serta menjaga keselamatan anak dalam mengakses internet.

Lakukan langkah-langkah ini untuk menjaga anak dari hal-hal negatif yang timbul dari perkembangan internet!

  1. Berikan Batasan

Komunikasikan dengan anak tentang batasan penggunaan internet kepada anak, agar anak juga bisa memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk diakses. Jangan sampai anak anda leluasa untuk mengakses semua yang ada di internet tanpa ada batasan dan pengawasan. Bagi anak-anak 30 menit waktu bermain internet sebanyak dua kali dalam sehari sduah sangat banyak, menurut Dr. Micharl Rich

  1. Setting Keamanan

Berikan pengamanan pada gadget dengan memasang setting-an agar anda tidak perlu khawatir lagi terhadap kegiatan yang anak lakukan dengan gadgetnya. Ajarkan anak bahwa informasi yang sifatnya pribadi jangan di sebar luaskan agar tidak dapat diakses orang lain.

  1. Pembelajaran

Ajarkan anak dalam penggunaan internet untuk proses belajar mengajar, hal ini akan lebih positif daripada hanya sekedar bermain video game. Berikan anak edukasi pembelajaran melalui internet, agar anak dapat lebih mudah dalam mereaksi tindakan positif yang didapat dari internet.

  1. Berikan Mainan Alternatif

Untuk mencegah dari dampak kecanduan bermain internet, hal ini bisa menjadi alternatif yang dapat dilakukan. Dengan memberi mainan lain anak tidak melulu harus bergantung pada gadget. Jangan sampai penggunaan gadget merusak kehidupan anak yang dapat membuat anak menjadi tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.

  1. Menjadi Contoh Nyata Bagi Anak

Biasakan untuk melakukan hal-hal baik yang dapat ditiru oleh anak. Usahakan memberi waktu luang untuk bercengkrama bersama keluarga, bercerita satu sama lain tentang aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat membuat anak akan lebih merasa nyaman dengan kehidupan rumah. Jangan sampai anak merasa bosan dengan kehidupan dalam rumah.



Berita Terkait