Mengenang Legenda NBA Kobe Bryant, Ikon Basket dan Olahraga | Cek&Ricek
Sumber: LA Times

Mengenang Legenda NBA Kobe Bryant, Ikon Basket dan Olahraga

Ceknricek.com -- Legenda NBA dan Los Angeles Lakers, Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1). Dia meninggal dunia secara tragis setelah 20 musim membela Los Angeles Lakers dan mengantar Lakers lima kali menjuarai NBA.

Bryant telah membela Lakers sejak musim 1996. Setelah lulus SMA pria kelahiran Philadelphia, Pennsylvania 23 Agustus 1978 itu masuk urutan ke-13 dalam draft 1996. Dirinya dicomot oleh Charlotte Hornets, yang mentransaksikan haknya ke Los Angeles Lakers untuk ditukar dengan centre Vlade Divac.

Sumber: LA Times

Kobe pensiun pada musim 2015-2016. Bryant mengantarkan Lakers juara NBA lima kali yakni tiga kali beruntun di musim 1999-2002, serta dua kali beruntun di musim 2008-2010. Dirinya juga berulang kali meraih penghargaan individual.

Pemain berjuluk Black Mamba ini tercatat sebagai Most Valuable Player NBA pada 2007-2008, 15 kali masuk seleksi All-NBA, 18 kali masuk All-Star dan 12 kali masuk tim All-Defensive. Kobe juga dua kali dinobatkan sebagai MVP pada NBA Finals dan empat kali menjadi MVP All-Star Game.

Bryant memainkan 1.346 pertandingan sepanjang karirnya dan gantung sepatu dengan menyandang status pencipta poin terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA dengan 33.643 poin.

Sumber: LA Times

Sabtu malam pekan lalu bintang Lakers lainnya LeBron James menyalip dia di atas dalam daftar pencetak poin terbanyak sepanjang masa ketika dia mencatat 29 poin melawan Philadelphia 76ers. Bryant berada di belakang Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone dan James dalam daftar pencetak skor terbanyak sepanjang masa.

Bryant juga membantu Amerika Serikat dua kali meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012. Tahun ini dia menjadi salah satu kandidat masuk Naismith Basketball Hall of Fame.

Lakers mengistirahatkan baik kostum maupun nomor yang dikenakan Bryant, 8 dan 24 dalam sebuah seremoni pada Desember 2017, ketika saat itu presiden klub Magic Johnson berkata, "Kita di sini untuk merayakan pemain terhebat yang selalu mengenakan ungu dan emas (warna kostum Lakers)."

Sumber: LA Times

Di luar lapangan, pada 2018 Kobe Bryant meraih Oscar untuk film animasi pendek terbaik berjudul "Dear Basketball" berdasarkan judul puisi yang dia tulis sebelum pensiun dari basket. Bryant dan istrinya, Vanessa, memiliki empat anak perempuan, masing-masing Gianna, Natalia, Bianca dan Capri yang terakhir ini masih berusia 7 bulan karena baru lahir pada Juni 2019.

Baca Juga: Bintang NBA, Kobe Bryant Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter

Gianna juga dikonfirmasi oleh otoritas NBA menjadi salah satu penumpang yang tewas dari kecelakaan helikopter itu. Istri Bryant, Vanessa, tidak ikut bersamanya saat kecelakaan itu terjadi.

Dunia Berkabung

Kematian yang mengejutkan dari pemain yang berposisi di shooting guard ini tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi para pencinta NBA, dunia olahraga dan masyarakat internasional.

Di antara yang menyampaikan duka cita ke media sosial adalah superstar NFL Tom Brady, legenda atletik Usain Bolt, bintang bisbol Amerika Daniel Norris, pebasket Dwyane Wade, dan sejumlah bintang NBA lainnya.

"Tak bisa berkata-kata. Selamanya legenda. Kobe," tulis Daniel Norris. "Masih tak percaya @kobebryanti," tulis Bolt.

Sumber: Twitter @usainbolt

Grammy Awards 2020 juga memberikan penghormatan khusus untuk sang bintang. Alicia Keys dan Boyz II Men alam menyanyikan It's So Hard to Say Goodbye to Yesterday mengenang Kobe Bryant.

Para musisi juga mengucapkan rasa belasungkawa untuk Bryant melalui media sosial sebelum Grammy dimulai seperti Nick Jonas, John Legend, Justin Bieber, Paul Stanley dan Ella Mai. Semua mengekspresikan keterkejutan dan kesedihan mereka.

Sementara itu, para penggemar juga berkumpul di luar Staples Center, Los Angeles untuk memberikan penghormatan kepada Bryant. Pertunjukan langsung karpet merah Billboard dan E! Dibuka dengan menyampaikan bagaimana kematian Bryant telah meruntuhkan acara perayaan, dengan tuan rumah mengungkapkan kesedihan dan dukungan mereka untuk keluarga Bryant.

Sumber: LA Times

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalkan Kobe Bryant dan Gianna.

"Kobe adalah legenda di lapangan dan baru akan memulai petualangannya setelah menjadi pemain. Kehilangan Gianna bahkan lebih memilukan bagi kita sebagai orang tua. Michelle dan saya mengirimkan cinta dan doa kepada Vanessa dan seluruh keluarga Bryant pada hari yang tidak terduga ini," tulis Obama.

Selamat jalan, legenda...

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait