Menikmati Gulai Nanas Versi Vegetarian dari Pontianak | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: pesona.travel

Menikmati Gulai Nanas Versi Vegetarian dari Pontianak

Ceknricek.com -- Gulai Nanas atau Pacri Nanas adalah gulai versi vegetarian asal Pontianak, Kalimantan Barat. Gulai yang lazimnya berbahan baku daging, menggunakan nanas sebagai gantinya.

Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Buah berdaging kuning, berasa manis asam segar ini disukai banyak orang. Selama ini nanas umum dikonsumsi sebagai buah potong, campuran rujak buah, acar, dan juga diolah menjadi selai atau keripik nanas. Namun, di Pontianak nanas diolah menjadi gulai.

Banyak orang yang kurang terbiasa memakan buah dengan nasi secara bersamaan. Padahal, di berbagai daerah, kuliner yang memadankan nasi dengan buah, seperti nasi dengan mangga, atau nasi dengan durian, merupakan sajian populer.

Pacri nanas adalah masakan khas Melayu yang terbuat dari potongan-potongan buah nanas yang diberi bumbu gurih dan lezat. Sekilas bumbu-bumbu yang melumurinya terlihat seperti masakan gulai pada umumnya. Namun setelah disantap barulah terasa keistimewaan rasanya.

Baca Juga: Pengunjung Padati Festival Kopi Nusantara di Kawasan Kota Tua

Gulai nanas biasa disantap bersama nasi, sambal ebi, dan sayur terong. Bentuknya mirip acar dengan rasa asam, manis, dan asin bercampur menjadi perpaduan yang sempurna. Rasa segar dan harum buah nanas dipadu dengan cabai merah dan aroma bunga lawang, makin menggugah selera. Tekstur nanas yang lembut, berserat, berbalut rasa segar dan berbumbu ini mudah membuat siapa saja jatuh hati ketika menyantapnya.

Untuk membuat gulai nanas diperlukan sekitar 15 jenis rempah dan bumbu. Rasa gurih yang dominan tentu asalnya dari santan kental. Sementara itu aroma gulai nanas yang menggoda berasal dari perpaduan antara pala, kapulaga, sereh, bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis. Makin sempurna ditambah dengan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Selain populer di Kalimantan Barat, gulai nanas juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh dan Medan.

Jika berlibur ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk mencicipi semangkuk gulai nanas, ya. Kelezatan yang menggoda dari hidangan itu dijamin bakal bikin Anda susah move on.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait