Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Menteri Perindustrian Resmi Buka Pameran Adiwastra Nusantara 2019 

Ceknricek.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto secara resmi membuka Pameran Adiwasta Nusantara 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (20/3). 

Mengusung tema Wastra Adati Generasi Digital, pameran ini bertujuan untuk mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) nasional tenun dan batik, agar meningkatkan produktivitas serta inovasi di pangsa pasar. 

Sumber : Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

“Pameran ini merupakan momen yang baik dalam upaya meningkatkan jangkauan pasar IKM tenun dan batik yang lebih luas terutama ke kancah eskpor,” kata Menperin Airlangga.

Airlangga menjelaskan industri tenun dan batik banyak ditekuni oleh industri kecil dan menengah (IKM) tersebar di sentra-sentra industri. Menurutnya, setidaknya terdapat 369 sentra IKM tenun dan 101 sentra IKM batik yang tersebar di hampir seluruh wilayah nusantara.

Sumber : Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Pameran yang digagas oleh komunitas pecinta dan pegiat promosi kain adati nusantara ini diikut ratusan peserta pameran IKM atau pengrajin wastra dari seluruh wilayah Indonesia. Mereka menggelar aneka ragam produk wastra seperti batik, tenun ikat, songket dan sulam serta aneka produk fashion berbasis wastra adati.



Berita Terkait