Momen Lebaran dan Tips Agar Kue Nastar Agar Tidak Mudah Berjamur | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Anton/Ceknricek.com

Momen Lebaran dan Tips Agar Kue Nastar Agar Tidak Mudah Berjamur

Ceknricek.com -- Momen Lebaran identik dengan makanan manis tau kue-kue kering. Kue nastar mungkin menjadi salah satu kudapan favorit yang Anda buat untuk kemudian disajikan di atas meja.

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Chef Bahran, memberikan salah satu kunci agar kue-kue kering salah satunya nastar buatan Anda awet atau tak mudah bulukan atau berjamur.

Dalam diskusi media via daring belum lama ini, Chef Bahran memberikan resep agar kue nasstar tidak mudah berjamur yakni dengan pemilihan tepung.

"Fenomena yang sering terjadi, membuat nastar dan lain-lain banyak banyak yang akhirnya buluk atau berjamur karena terlalu lama disimpan. Apa lagi sekarang Lebaran tidak terima tamu karena musim korona, tipsnya adalah, gunakan tepung jangan yang curah," kata Chef Bahran sebagaimana diwartakan Antara, Sabtu (23/5).

Chef Bahran menyarankan penggunaan tepung yang dikemas dan memiliki merek pada kue kering buatan Anda. Begitu juga dengan mentega atau margarin, sebaiknya pilih yang dikemas jangan yang curah.

Baca juga: Kiat Agar Ketupat Tetap Awet Pada Saat Lebaran

Selain itu, dia mengungkap untuk memperhatikan juga tempat penyimpanan setelah kue matang. Sebaiknya simpan sebagian kue di kulkas atau lemari es supaya awet hingga Idul Adha nanti.

"Setelah matang simpan sebagian nastar atau kue Lebaran di kulkas supaya awet sampai Lebaran haji," tutur Chef Bahran.

Kue kering Lebaran umumnya mengandung banyak gula, mentega, susu, dan krim dengan kandungan lemak jenuh sehingga perhatikan asupannya jangan sampai berlebihan, terutama bagi mereka yang menyandang diabetes.

Agar lebih sehat, Anda bisa mencampur bahan tepung dengan tepung terigu khusus untuk membuat kue atau tepung gandum, lalu memilih pemanis selain gula, mengganti mentega dengan versi yang lebih sehat.

"(Mentega sehat) Anda bisa mendapatkannya dengan mencampurkan margarin rendah lemak atau minyak canola (atau juga vegetable oil ) ke dalam campuran sehingga kandungan lemaknya bisa dikurangi," kata Bahran.

Jika memungkinkan, tambahkan buah dalam menu kue kering Anda, untuk menambahkan asupan serat ke kue.

Anda dapat mencoba menambahkan beberapa jenis buah saat membuat kue kering, seperti buah beri, kelapa, atau buah kering rendah gula. (Ant)

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait