Foto: Reuters

Naruhito Resmi Dinobatkan Sebagai Kaisar Jepang

Ceknricek.com -- Kaisar Jepang Naruhito telah menjalani ritual penobatannya secara resmi, Selasa (22/10), dalam upacara yang dihadiri oleh pejabat tinggi, termasuk kepala negara dan bangsawan lainnya lebih dari 180 negara. Sebelumnya, Naruhito mengambil alih kekuasaan pada Mei, setelah sang ayah, Akihito memutuskan turun takhta di usia 85 tahun.

Kaisar Naruhito yang kini berusia 59 dan istrinya yang berusia 55 tahun dan kini menjadi Permaisuri Masako, menjadi kaisar Jepang pertama yang lahir usai Perang Dunia II. Perayaan diumumkan sebagai hari libur khusus, setelah sebelumnya Negeri Matahri Terbit juga dilanda bencana Topan Hagibis yang menewaskan sedikitnya 80 orang dan memicu penundaan rencana parade perayaan.

Naruhito Resmi Dinobatkan Sebagai Kaisar Jepang
Foto: Reuters

Naruhito dan Masako adalah alumni Universitas Harvard. Kaisar Naruhito diharapkan bisa memimpin Jepang di tengah komunitas internasional, menyejahterakan dan memakmurkan umat manusia dengan bersikap bijaksana dan upaya tanpa henti.

“Saya bersumpah akan selalu bertindak sesuai dengan konstitusi dan memenuhi tanggung jawab saya sebagai simbol negara dan persatuan rakyat,” ucap Naruhito saat mengambil sumpah dalam ritual penobatan resmi kekaisaran yang disebut Sokuirei-Seiden-no-gi, di Istana Kekaisaran di Tokyo, seperti dilansir Reuters.

Naruhito Resmi Dinobatkan Sebagai Kaisar Jepang
Foto: Reuters

Sebelumnya, pada Mei Naruhito melakukan upacara ritual sederhana sebagai simbol penerimaan kekuasaan. Hari ini, upacara ritual dianggap lebih rumit, dimana dirinya secara resmi menyatakan kepada dunia tentang perubahan statusnya sebagai Kaisar.