Foto: Beyonce saat tampil di Super Bowl 50, Minggu (7/2/2016) - Reuters/Lucy Nicholson

Netflix Abadikan Momen Setahun Penampilan Beyoncé Dalam Film Dokumenter

Ceknricek.com - Film dokumenter berjudul 'Homecoming: A Film By Beyoncé' dirilis Netflix untuk mengenang setahun penampilan bersejarah penyanyi Beyoncé di Coachella. Film ini akan tayang dalam layanan streaming Netflix pada Rabu,17 April mendatang.

Dilansir video teaser yang diunggah Netflix pada Senin (8/4/) di kanal YouTube-nya, film dokumenter tersebut dideskripsikan sebagai gambaran lebih dekat dan intim untuk melihat penampilan bersejarah Beyoncé pada Coachella 2018 yang berisi penghormatan kepada kampus dan universitas kulit hitam dalam sejarah Amerika.

Menurut Netflix, konser Beyoncé di festival musik akbar di Amerika Serikat itu merupakan penampilan monumental bagi dirinya dan warga keturunan Afrika di negeri Paman Sam.

"Beyoncé merupakan musikus perempuan kulit hitam pertama yang menjadi penampil utama di acara tersebut," ujar Netflix.

Beyoncé juga mengangkat tema HBCU atau Historically Black Campuses and Universities. HBCU merupakan institusi pendidikan tinggi di AS yang dibentuk sebelum lahirnya Undang-Undang Hak Sipil 1964 dengan maksud untuk menampung peserta didik dari komunitas Afrika-Amerika.

Di bawah aturan yang memisahkan warga kulit hitam dan kulit putih dalam segresi, keturunan Afrika saat itu kesulitan diterima di kampus-kampus yang didominasi warga kulit putih.

Pada penampilannya saat itu, Beyoncé juga mendorong anak muda kulit hitam untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk perbaikan kehidupan. Ia pun mengumumkan Homecoming Scholars Awards Program yang menyediakan beasiswa bagi pelajar kulit hitam untuk melanjutkan pendidikan di lembaga yang tergabung dalam HBCU.

Dalam trailer yang diungkap Netflix, terlihat cuplikan-cuplikan persiapan Beyoncé di belakang panggung. Terlihat pula sosok putrinya, Blue Ivy Carter yang menari. Semua potongan gambar itu diiringi suara Maya Angelou, aktivis kulit hitam Amerika Serikat.

"Saya ingin menjadi representasi dari ras saya, ras umat manusia. Saya punya kesempatan untuk memperlihatkan betapa kami bisa menjadi baik, menjadi cerdas. Saya punya kesempatan untuk mengajari, mencintai, dan tertawa," demikian ucap Angelou.

Dokumenter ini akan berisi video mentah yang diambil secara candid, serta wawancara yang menjelaskan pandangan Beyoncé soal penampilan ini bagi hidupnya.

"Homecoming akan menelusuri perjalanan emosional dari konsep kreatif pergerakan budaya," tulis Netflix.



Berita Terkait