Foto: Instagram @stamped_diaries

Patung Jatayu & Mitos Kisah Ramayana

Ceknricek.com -- Jika kebetulan melancong ke India, cobalah mengunjungi patung Jatayu. Berlokasi di Jatayu Earth Centre Kota Kerala, patung ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Patung Jatayu diciptakan seniman India, Rajiv Anchal. Pengerjaannya membutuhkan waktu selama 10 tahun.

Panjang patung mencapai 60 meter, lebar 45,72 meter, dan tinggi 21,3 meter. Detail yang ada di dalam patung juga memperlihatkan bulu-bulu yang berlapis dan dihias. Sayap Jatayu yang membentang juga menambah nilai artistik.

Sumber: Instagram @sunhinekelly2988

Keberadaan patung itu sekaligus membangkitkan mitos lama tentang kisah Ramayana.  Dalam kitab yang ditulis dalam bahasa Sansekerta itu, ada salah satu burung bernama Jatayu. Ia merupakan tokoh protagonis yang melawan Rahwana untuk menolong Dewi Sita. Singkat cerita, Jatayu dengan gagah berani melawan Rahwana.

Namun, Jatayu sudah renta. Saat berusaha menyelamatkan Dewi Sita, sayapnya ditebas oleh Rahwana dengan pedang. Ia jatuh ke bumi dengan darah yang bercucuran. Namun, sebelum meregang nyawa, Jatayu sempat memberitahu Sri Rama bahwa Dewi Sita diculik oleh Rahwana.

Sumber: Instagram @bellukavya

Patung Jatayu yang dibangun di atas menara Jatayapura di ketinggian 1.000 kaki merupakan tempat yang cantik untuk traveling. Selain menyaksikan patung Jatayu, pengunjung juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik di sekitarnya seperti paintballrappelling, atau panjat tebing. Anda tertarik menikmatinya?



Berita Terkait