Paus Fransiskus Berangkat Ke Irak | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Paus Fransiskus Berangkat Ke Irak

Ceknricek.com -- Paus Fransiskus akan menghabiskan akhir pekannya di Irak untuk kunjungan ke empat kota, sebagaimana yang telah lama diagendakan dan sempat tertunda karena pandemi.

Setelah menyempatkan bertemu dengan 12 pengungsi dari Irak yang tinggal di Italia, Paus bersama rombongan menuju Bandara Leonardo da Vinci pada Jumat (5/3/21), meninggalkan Vatikan menuju Bagdad dengan pesawat Alitalia.

Paus akan menempuh perjalanan selama lebih dari 4 jam menuju negeri yang saat ini sedang berada dalam situasi yang mengerikan pasca serangan roket beberapa hari terakhir.

Paus telah memastikan bahwa ia tetap akan berangkat ke Irak meskipun banyak yang mengingatkan situasi sangat berbahaya.

Ini adalah perjalanan yang ke-33 bagi paus di luar Italia. Dia dijadwalkan kembali ke Roma pada Senin pagi, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (5/3/21).

Paus akan mengunjungi bekas benteng ISIS di Mosul, lalu mengunjungi Ur, tempat kelahiran Nabi Ibrahim yang dihormati oleh umat Kristen, Muslim dan Yahudi. Kemudian ia akan bertemu dengan ulama Muslim Syiah Irak, Ayatollah Ali al-Sistani yang berusia 90 tahun.

Untuk menyambut kedatangan Paus, Irak dikabarkan telah mengerahkan ribuan personel keamanan tambahan untuk melindungi Fransiskus selama kunjungan.


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait