Penyanyi R&B Betty Wright Meninggal di Usia 66 Tahun | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: CNN

Penyanyi R&B Betty Wright Meninggal di Usia 66 Tahun

Ceknricek.com -- Penyanyi soul dan R&B Betty Wight yang terkenal lewat lagu "Clean Up Woman," yang hit pada tahun 70-an meninggal dunia di usia 66 tahun.

Wright meninggal di rumahnya di Miami pada hari Minggu (10/5) waktu setempat karena penyakit kanker yang dideritanya, menurut Billboard dikutip oleh PageSix pada Senin, (11/5).

Terlahir dengan nama Bessie Regina Norris, Wright mengadopsi nama panggungnya ketika dia masih kecil. Bersama saudara-saudaranya dalam grup vokal Echoes of Joy, dia mulai aktif bernyanyi di gereja.

Mereka merilis album pada tahun 1956, ketika dia berusia tiga tahun. Wright beralih dari gospel ke R&B pada usia 11 tahun dan mulai bernyanyi di pertunjukan bakat lokal di Miami.

Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Deep City Records ketika berusia 12 tahun.

Baca juga: Penyanyi Stan Isakh Meninggal, Setelah Sempat Jadi PDP

Album pertamanya, "My First Time Around," dirilis ketika dia berusia 14 dan termasuk hit Top 40.

Terobosan Wright datang dengan single "Clean Up Woman" dari album keduanya, "I Love the Way You Love," dirilis pada tahun 1971.

Lagu itu mencapai No. 6 di tangga lagu Billboard Hot 100, terjual lebih dari satu juta kopi dan dinyatakan sebagai lagu No. 49 tahun 1972, menurut Billboard.

Bertahun-tahun kemudian, Wright menulis lagu disco-infused "Where Is the Love" bersama dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Dia kemudian memenangkan Grammy untuk lagu R&B terbaik. Pada 2000-an, Wright kembali muncul di acara "Making the Bank," membimbing kelompok muda Danity Kane.

Selain itu Wright juga melakukan produksi vokal untuk artis lain, termasuk Jennifer Lopez, Gloria Estefan dan Joss Stone.

Pada tahun 2005, ia dinominasikan untuk album pop terbaik di Grammy karena ikut memproduksi album Stone "Mind Body & Soul".

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait