Peringatan 70 Tahun Indonesia-Rusia Diawali Dengan 'Untaian Khatulistiwa' | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Peringatan 70 Tahun Indonesia-Rusia Diawali Dengan 'Untaian Khatulistiwa'

Ceknricek.com -- Rangkaian peringatan 70 Tahun pesahabatan  Indonesia-Rusia ditandai dengan pameran lukisan "Untaian Khatulistiwa" dan pameran arsip sejarah hubungan diplomatik Indonesia-Rusia di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (3/2) - Senin (17/2).

Pameran tersebut merupakan kolaborasi dari kedua negara. Lukisan-lukisan yang dipamerkan merupakan karya seniman-seniman terkemuka Rusia, yang tergabung dalam Biro Ekspedisi Kreatif Rusia, dipimpin oleh Vladimir Nikolaevich.

Sementara foto-foto hubungan diplomatik Indonesia era Orde Lama merupakan koleksi dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Departemen Sejarah dan Dokumenter Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia.

Duta Besar Federasi Rusia Lyudmila Verobieva mengatakan pameran begitu istimewa karena persis 70 tahun lalu hubungan diplomatik kedua negara dibangun.

"Kami ingin membuat sesuatu yang signifikan untuk mengenang sejarah dari persahabatan manis antara Rusia dan Indonesia," katanya.

Dubes Lyudmila menambahkan, karya-karya seniman Rusia yang ada dalam pameran tersebut menunjukkan betapa mereka mengagumi keindahan Indonesia.

Sumber: Antaranews

Baca juga: Prabowo Temui Menhan Rusia untuk Tingkatkan Kerja Sama

Menurut dia, para seniman itu adalah penggemar berat Indonesia, dan karenanya pameran tersebut diberi judul "Untaian Khatulistiwa". Para seniman melihat keindahan Indonesia seperti mutiara yang bersinar.

Secara personal, bagi Ludmila pameran itu punya nama lain yaitu "Indonesia Cintaku", karena lukisan-lukisan itu telah merefleksikan perasaan khusus dan hangat terhadap Indonesia.

"Selama 70 tahun hubungan kedua negara memang mengalami naik dan turun, tetapi perasaan jujur dari persahabatan akan selalu ada," kata dia.

Kurator pameran Vladimir Nikolaevich Anisimov mengatakan lukisan-lukisan yang ditampilkan adalah hasil ekspedisi dalam rentang 20 tahun terakhir. Para seniman mengelilingi Indonesia dan menggambarkan bagaimana perasaannya terhadap Indonesia.

"Lukisan-lukisan ini merupakan kaleidoskop perjalanan seniman Rusia dalam merekam kecantikan alam dan masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi," kata dia.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait