Prabowo Temui Menhan Rusia untuk Tingkatkan Kerja Sama | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Antaranews

Prabowo Temui Menhan Rusia untuk Tingkatkan Kerja Sama

Ceknricek.com -- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu Menhan Rusia Sergei Shoigu dalam upaya meningkatkan hubungan dan kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer.

"Hubungan persahabatan Indonesia dengan Rusia di bidang pertahanan dan keamanan telah terbangun cukup lama. Rusia yang sebelumnya Uni Soviet telah banyak membantu Indonesia di bidang teknik militer," kata Prabowo Subianto, seperti dikutip dalam siaran persnya, Rabu (29/1).

Menhan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, Indonesia merupakan salah satu mitra penting Rusia di kawasan Asia Pasifik. Menurut dia, kerja sama dengan Indonesia didasarkan pada persahabatan dan rasa saling percaya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Moskow, Selasa (28/1) itu, kedua pihak menyiapkan deklarasi kemitraan strategis untuk ditandatangani yang akan menjadi tonggak penting dalam hubungan Rusia dan Indonesia.

Sumber: Antaranews

Pertemuan Menhan Prabowo dengan Menhan Sergei Shoigu, bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang akan diperingati pada tanggal 3 Februari 2020.

Baca juga: Menhan Prabowo Ajak Bangun Pertahanan Semesta

Pada tanggal 17 Agustus 2020 Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan. Menhan Rusia menyampaikan kesiapannya ikut serta dalam rangkaian perayaan tersebut.

Menhan Shoigu menambahkan, pada 2020 Rusia juga akan merayakan 75 tahun kemenangan rakyat Soviet dalam Perang Patriotik Besar dan akhir Perang Dunia II.

Sumber: Detik

Dalam kunjungannya selama 2 hari di Moskow, Prabowo dan delegasi juga melakukan serangkaian pertemuan dengan kalangan industri pertahanan dan IT, khususnya terkait dengan keamanan siber (cyber security).

Menhan Prabowo didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M. Wahid Supriyadi, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Dirjen Kuathan Marsda TNI Ponang Djawanto, serta pejabat senior terkait dengan Kemhan RI.

Dubes Wahid menilai kunjungan pertama pejabat setingkat menteri di awal peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI dan Rusia ini akan lebih mempererat hubungan kedua negara.

Menurut dia, potensi kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer dengan Rusia sangat besar. "Kerja sama tidak hanya pada pengadaan alutsista bagi Indonesia, tetapi juga produksi bersama dan alih teknologi," ujarnya.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait